Logo Network
Network

LTMPT Resmi Tak Selenggarakan Seleksi Masuk PTN, Ini Penggantinya?

Puti Aini Yasmin
.
Senin, 12 September 2022 | 11:12 WIB
LTMPT Resmi Tak Selenggarakan Seleksi Masuk PTN, Ini Penggantinya?
Ilustrasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Foto: istimewa.

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Sebagai penggantinya, seleksi masuk perguruan tinggi akan dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama PTN. 

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri bertanggal 1 September 2022.

"Berdasarkan Pasal 20 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh Kementerian bekerja sama dengan PTN," bunyi keterangan yang dikutip iNews.id, Senin (12/9/2022).

Dalam keterangannya dijelaskan bahwa seleksi masuk perguruan tinggi negeri akan dilakukan Kemendikbudristek di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3). Pelaksanaannya dilakukan mulai tahun depan atau 2023.

"Segala urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2023 berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi," tulis keterangan tersebut.

Sebagai informasi, Mendikbudristek Nadiem Makarim sebelumnya memaparkan bahwa tes mata pelajaran dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dihapuskan. Sebagai gantinya, seleksi akan berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecah masalah.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini