PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Kecelakaan antara Kereta Api (KA) Kahuripan relasi Blitar - Kiaracondong dengan sebuah truk terjadi di KM 363+6/7 petak jalan antara Jeruklegi - Kawunganten, Kabupaten Cilacap pada Selasa (13/9/2022) pukul 00.50 WIB. Akibat kecelakaan tersebut, 10 perjalanan KA mengalami keterlambatan lebih dari 5 jam.
Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro mengatakan jika akibat kecelakaan tersebut, sejumlah KA tujuan Bandung maupun Yogyakarta mengalmi keterlambatan cukup banyak dan mengalami kerugian material.
"Kami PT KAI (Persero) mohon maaf sebesar-besarnya atas keterlambatan yang terjadi kepada seluruh pelanggan KA yang terdampak," ucap Krisbiyantoro dalam keterangannya.
Berikut data dari Pusat Pengendali Operasi KA (Pusdalopka) Daop 5 Purwokerto pada pukul 06.30 WIB, terkait beberapa perjalanan Kereta Api yang mengalami kelambatan:
- KA Kahuripan (PLB 283B) relasi Blitar-Kiaracondong, posisi di Stasiun Gandrungmangun lambat 340 menit
- KA Mutiara Selatan (PLB 132C) relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng, posisi di Stasiun Kroya lambat 288 menit
- KA Turangga (PLB 79B) relasi Surabaya Gubeng-Bandung, posisi di Stasiun Cipari lambat 292 menit
- KA Parcel Selatan (PLB 300D) posisi di Stasiun Sidareja lambat 221 menit
- KA Kutojaya Selatan (KA 312) relasi Stasiun Kiaracondong-Kutoarjo, posisi di Stasiun Gandrungmangun lambat 234 menit
- KA Malabar (PLB 119B) relasi Malang-Kiaracondong, posisi di Stasiun Lebeng lambat 237 menit
- KA Mutiara Selatan (PLB 131B) relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong, posisi di Stasiun Jeruklegi lambat 207 menit
- KA Kahuripan (PLB 284B) relasi Kiaracondong-Blitar, posisi di Stasiun Sidareja lambat 156 menit
- KA Parcel Selatan (PLB 299C), posisi di Stasiun Maos lambat 150 menit
- KA Serayu (PLB 306 D) relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Kroya-Purwokerto, posisi di Stasiun Cipari lambat 72 menit.
Sebagai bentuk pelayanan kepada pengguna jasa perjalanan Kereta Api. Daop 5 Purwokerto juga telah membagikan service recovery pada pelanggan KA yang mengalami keterlambatan.
"KAI juga membagikan service recovery, kepada seluruh pelanggan KA yang terdampak kelambatan," jelasnya.
Editor : Arbi Anugrah