get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Sepatu Bata yang Sudah Ada Sebelum Kemerdekaan, Kini Pabriknya Berhenti Beroperasi

Sejarah Lengkap Pemberontakan G30S PKI, Rebut Kekuasaan Pemerintah Indonesia

Jum'at, 16 September 2022 | 10:37 WIB
header img
Sejarah Lengkap Pemberontakan G30S PKI. (Screenshot Buku)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Sejarah kelam bangsa Indonesia yang tak dapat dilupakan salah satunya adalah pemberontakan G30S PKI atau Gerakan 30 September PKI. Gerakan pada tahun 1965 itu dilancarkan Partai Komunis Indonesia untuk merebut kekuasaan pemerintah.

Gerakan ini diantaranya berencana melakukan kudeta terhadap Presiden Soekarno dan membunuh para jenderal TNI Angkatan Darat (AD). Berikut fakta sejarah lengkap pemberontakan G30S PKI yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sejarah Lengkap Pemberontakan G30S PKI

Rangkuman Sejarah Peristiwa G30S/PKI

Pemberontakan PKI melakukan gerakan dengan tujuan merebut kekuasaan dari pemerintah yang sah pada tanggal 30 September 1965. Gerakan ini dilakukan dengan menculik dan membunuh para perwira tinggi dan perwira pertama angkatan darat.

Gerakan 30 September PKI 1965 atau dikenal dengan G30S PKI. Kekejaman aksi politik tak kenal ampun yang didalangi oleh Ketua Partai Komunis Indonesia (PKI) yakni DN Aidit.

Para antek PKI dipimpin oleh lima orang. Tiga orang di antaranya berasal dari perwira militer, yaitu Letnan Kolonel Untung (Komandan Batalyon 1 Kawal Kehormatan Resimen Tjakrabirawa), Letnan Kolonel Abdul Latief (Komandan Brigade Infanteri 1 Kodam V/Jaya), dan Mayor Udara Soejono (Komandan Pasukan Pengawal Pangkalan PAU Halim), dan dua orang pimpinan yang berasal dari kalangan Biro Khusus PKI, yaitu Sjam Kamaruzzaman dan Pono.

Gerakan ini pertama kali mengumumkan eksistensinya melalui siaran RRI pada 1 Oktober 1965 di pagi hari di mana G30S PKI berhasil menguasai studio RRI dan kantor PN Telekomunikasi.

Letkol Untung menyiarkan berita melalui RRI bahwa Gerakan 30 September ditujukan kepada Dewan Jenderal yang berencana melakukan kudeta terhadap Presiden Soekarno. 

Pemberontakan PKI dilakukan dengan tujuan untuk merebut kekuasaan dari pemerintah yang sah pada tanggal 30 September 1965. Gerakan pemberontakan ini dilakukan dengan cara menculik dan membunuh tujuh perwira tinggi dan perwira pertama angkatan darat. 

Tak sampai di situ, gerakan ini juga berencana akan melakukan kudeta terhadap Presiden Soekarno. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut