get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Kondom Dibagikan ke PSK, Upaya Cegah Penyakit Menular Seksual

Jangan Asal Pilih! Ketahui 5 Hal Ini dalam Memilih Alat Kontrasepsi

Senin, 26 September 2022 | 21:54 WIB
header img
5 Hal Memilih Alat Kontrasepsi. Foto: Freepik

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Kontrasepsi atau alat kontrol kelahiran merupakan salah satu alat yang bertujuan untuk menunda kehamilan. Selain menunda kehamilan, dengan menggunakan alat kontrasepsi dapat menghindari risiko penyakit menular seksual.

Perlu diketahui, dikutip dari Halodoc pada Senin (26/9/2022) apabila Anda berminat menggunakan kontrasepsi seperti pil. kondom, suntik atau spermisida harus memilihnya secara tepat. Karena masing-masing alat tersebut memiliki tingkat unggul dan lemahnya.

5 Hal untuk Memilih Alat Kontrasepsi

1. Efek Samping dan Faktor kKeamanan

Ketahui efek samping dan faktor keamanan daalm memilih alat kontrasepsi agar tidak berisiko pada kesehatan Anda. Karena beberapa alat kontrasepsi mungkin tidak aman bagi kesehatan tertentu.

Memilih alat kontrasepsi yang tepat untuk kesehatan dapat mengikuti penjelasan dokter terkait efek samping paling rendah agar disesuaikan.

2. Usia

Hati-hati dalam pemilihan alat kontrasepsi di atas 45 tahun karena dapat menimbulkan risiko kesehatan. Apabila Anda ingin menunda kehamilan perlu menggunakan alat kontrasepsi sampai usia Anda menopause. 

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut