get app
inews
Aa Read Next : 96 Pemudik Asal Banyumas Ikut Program Balik Mudik Gratis ke Jakarta

Viral, Awan Berbentuk Tsunami Terlihat di Langit Jakarta

Sabtu, 27 November 2021 | 05:04 WIB
header img
Viral di media sosial gulungan awan di langit DKI Jakarta berbentuk seperti tsunami pada Jumat (26/11/2021) sore. (Foto: Instagram @jktinfo)

JAKARTA, iNews.id – Viral, awan berbentuk seperti gelombang tsunami terlihat di DKI Jakarta pada Jumat sore (26/11/2021).

Sub Koordinator Prediksi Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Ida Pramuwardani menyebut fenomena tersebut jarang terjadi di Indonesia khususnya Jakarta. "Fenomena tersebut relatif jarang terjadi, secara ilmiah awan tersebut dinamakan dengan awan Arcus. Arcus juga memiliki bagian yakni shelf cloud dan roll cloud. Fenomena di aceh merupakan shelf cloud. Shelf cloud ini biasanya berada pada dasar awan cumulunimbus," kata Ida di Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Menurut Ida awan tersebut merupakan bentuk hasil ketidakstabilan atmosfer. Selain itu, awan tersebut timbul akibat pertemuan massa udara dingin dengan hangat.

"Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer sepanjang atau di depan pertemuan massa udara dingin yang mendorong massa udara hangat dan lembab naik sehingga terbentuklah shelf cloud,"ujarnya. 

BMKG merekomendasikan warga untuk berlindung dan menjauhi awan yang tampak mirip gelombang tsunami. Sebab fenomena alam ini dapat menimbulkan hujan es dan angin kencang. Penampakan awan mirip tsunami terjadi beberapa saat sebelum hujan lebat mengguyur Ibu Kota

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut