get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

6 Perubahan Bentuk Tiket Kereta Api dari Waktu ke Waktu

Rabu, 28 September 2022 | 14:50 WIB
header img
Perubahan bentuk tiket kereta api (Foto: Dok Okezone)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Perubahan bentuk tiket Kereta Api (KA) sesuai perkembangan zaman sangat menarik diulas. Tiket kereta api merupakan tiket yang dikeluarkan oleh operator KA yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan perjalanan pada lintas milik operator tersebut.

Sampai saat ini Kereta Api masih moda transportasi darat unggulan bagi masyarakat, khususnya ketika libur panjang atau menjelang lebaran. Melihat dari hal tersebut, maka perkeretaapian indonesia perlu meng-upgrade sistem dan bentuk tiketnya.

Tiket kereta api yang terus mengalami perubahan ini bertujuan untuk mempermudah petugas dalam mengecek validitas data penumpang. Nah, sobat milenial tahu nggak sih bagaimana dan seperti apa perubahan bentuk tiket kereta api yang digunakan sampai saat ini?

Bentuk Tiket Kereta Api

Dilansir iNewsPurwokerto.id dari Instagram Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, @ditjenperkeretaapian Rabu (28/9/2022). Berikut perubahan bentuk tiiket Kereta Api dari waktu ke waktu.

1. Tiket Edmonson


Perubahan bentuk tiket Kereta Api. Foto: istimewa

 

Tiket legendaris yang dicetuskan oleh Thomas Edmonson ini pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1840. Tiket ini memiliki ukuran kecil (sekitar 6×3 cm) yang terbuat dari kertas karton ubi tebal dengan beragam warna (merah jambu, kuning, biru, abu-abu, atau putih). Warna dan pola tiket yang berbeda digunakan untuk membedakan tujuan dan kelas kereta api (ekonomi, bisnis, eksekutif).

Tiket berukuran kecil ini hanya menampilkan tanggal keberangkatan, harga tiket termasuk asuransi, kelas yang dinaiki beserta stasiun berangkat dan stasiun tujuan. Namun, tiket ini berakhir eranya pada tahun 2009.

2. Tiket Kertas


Perubahan bentuk tiket Kereta Api (KA). Foto: Istimewa

 

PT KAI merilis tiket kertas sebagai pengganti Tiket Edmonson yang sudah berakhir masa berlakunya. Tiket ini memiliki ukuran lebih besar dari Tiket Edmonson yaitu sekitar 20×7cm dengan latar belakang lokomotif dan menggunakan bahan kertas yang lebih tipis.

Tiket ini memiliki inovasi baru pada tampilannya yaitu nama kereta api, harga tiket, kelas yang dinaiki, tanggal dan jam berangkat/sampai tujuan, serta asal stasiun dan stasiun tujuan. Namun, tiket ini hanya berlaku pada tahun 2009 sampai 2016.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut