get app
inews
Aa Read Next : Kisah Negara Terkaya di Dunia Penghasil Fosfat yang Kini Jatuh Miskin

Begini Penampakan Berlian Langka yang Ditemukan di Perut Bumi Sedalam Lebih dari 300 KM

Kamis, 29 September 2022 | 06:56 WIB
header img
Sebuah penemuan menghebohkan terjadi di dunia pertambangan. Yakni adanya berlian langka yang keberadaannya di kedalaman 322 km.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Nature Geoscience 26 September 2022, para peneliti menemukan bahwa berlian mengandung inklusi, atau potongan kecil mineral lain, yang dapat menampung lebih banyak air. Keberadaan air diperkirakan ada di perbatasan antara mantel atas dan bawah. 

Ilmuwan menemukan mineral yang disebut ringwoodite, yang memiliki komposisi kimia yang sama dengan olivine. Bahan itu merupakan bagian utama mantel atas tetapi terbentuk di bawah suhu dan tekanan yang kuat.

Ringwoodite biasanya ditemukan di zona transisi antara mantel atas dan bawah, antara sekitar 410 hingga 660 km di bawah permukaan bumi dan dapat mengandung lebih banyak air daripada mineral bridgmanite dan ferropericlase.

Hasilnya menunjukkan bahwa mungkin ada air yang lebih dalam di Bumi daripada yang diperkirakan para ilmuwan. Kondisi ini dapat memengaruhi pemahaman kita tentang siklus air di lapisan dalam dan lempeng tektonik.

“Hasilnya tidak terduga,” kata penulis utama studi Tingting Gu, fisikawan mineral di Universitas Purdue di Indiana dan peneliti di Institut Gemologi Amerika di New York yang dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Rabu (28/9/2022).

Dia menambahkan penemuan tersebut tidak hanya menemukan berlian semata, lebih dari itu, tetapi juga rahasia air di dalam mantel bumi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Berlian Langka Ini Ditemukan di Kedalaman 322 Km Bawah Tanah

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut