get app
inews
Aa Read Next : Kisah Negara Terkaya di Dunia Penghasil Fosfat yang Kini Jatuh Miskin

Begini Penampakan Berlian Langka yang Ditemukan di Perut Bumi Sedalam Lebih dari 300 KM

Kamis, 29 September 2022 | 06:56 WIB
header img
Sebuah penemuan menghebohkan terjadi di dunia pertambangan. Yakni adanya berlian langka yang keberadaannya di kedalaman 322 km.

NEW YORK, iNewsPurwokerto.id - Sebuah penemuan menghebohkan terjadi di dunia  pertambangan. Yakni adanya berlian langka yang keberadaannya di kedalaman 322 kilometer (km).

Penemuan itu oleh Ilmuwan Institut Gemologi Amerika Serikat. Kedalaman tempat berlian ditemukan sedalam 322 km merupakan lapisan mantel bumi. Dengan penamuan berlian tersebut juga merupakan petunjuk adanya air jauh di bawah mantel bumi.

Para ilmuwan mengatakan bahwa dengan adanya penemuan berlian yang langka ini menunjukkan bahwa air dapat menembus lebih dalam ke bagian dalam bumi daripada yang diperkirakan sebelumnya. 

Hal itu ditunjukkan ketika para peneliti melakukan ekstraksi dari berlian langka itu. 

Meskipun lebih dari 70% planet Bumi tertutup air, ada juga air dalam mineral lebih dari 322 kilometer di bawah tanah, termasuk di mantel atas, lapisan semi lunak yang keraknya mengambang di atasnya. 

Peneliti telah lama berpikir bahwa ketika mantel atas bertransisi ke mantel bawah yang lebih panas dan lebih padat, mineral dapat menampung jauh lebih sedikit air.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut