Keren, Manfaatkan Pelepah Pisang Jadikan Bio-Leather, Siap Ekspor ke Dubai

Alfiatin
.
Senin, 03 Oktober 2022 | 15:54 WIB
Mahasiswa UMP menunjukkan inovasi bio leather dari pelepah pisang.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Pelepah pisang seringkali hanya dipandang sebelah mata. Bahkan cenderung dianggap tidak bermanfaat. 

Padahal, di tangah mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-K) 2022 pelepah pisang berhasil diolah menjadi Bio Leather ramah lingkungan.

Mahasiswa UMP yang tergabung dalam tim PKM ini beranggotakan Melia Nanda Rohyani, Dannia Pramesti Regita Cahyani, Nabila Rayhan Samsudin dan diketuai Rizal Fathurahman, dengan bimbingan dari Cremonia Ayu Novitasari ST MT.

Rizal mengatakan timnya yang sebelumnya dikenal dengan Mustac & Co ini telah mengembangankan inovasi tersebut sejak awal tahun 2021. Bahkan, pernah juga diikutkan dalam beberapa kegiatan kewirausahaan, satu di antaranya AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia) 2021 di Semarang.

Awalnya, kata dia, ide tersebut bermula dari tetangga yang sering mengolah eceng gondok untuk dijadikan tambang. Namun, seiring mulai berkurangnya eceng gondok ia pun mencoba beralih ke pelepah pisang.

"Serat fiber dianyam kemudian dijadikan tas dan fesyen lainnya. Sedangkan fiber atau buburnya kami buat menjadi Banana Leather (Bio Leather),” katanya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini