get app
inews
Aa Read Next : 2 Oknum Anggota TNI AD Bawa Sabu 75 Kilogram dan Sabu 40.000 Butir Dicokok Mabes Polri

Kisah Anak Yatim Mantan Kuli Pasar dan Penjual Gorengan Sukses Jadi Prajurit TNI AD

Minggu, 09 Oktober 2022 | 14:40 WIB
header img
Sertu Lugas Langsung Cium Kaki Ibunya, Saat Dinyatakan Lulus Menjadi Prajurit TNI. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kisah Sertu Lugas menjadi seorang prajurit TNI AD penuh haru. Mantan kuli pasar dan juga penjual gorengan ini penuh perjuangan.

Perjalanan hidupnya ia ceritakan sejak sang ayah meninggal dunia. Di mana dirinya harus menjadi sosok pemimpin pengganti sang ayah dan menafkahi ibu serta adiknya.

Dikutip dari akun Youtube TNI AD, perjalanan hidup Sertu Lugas sebelum menjadi seorang prajurit TNI AD ia ceritakan saat dirinya dipercaya mewakili mahasiswa Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) Kodiklatad, Malang, Jawa Timur untuk membacakan kesan dan pesan di acara wisuda.

Ketika itu, untuk menafkahi ibu dan membiayai sekolah adiknya, dia harus berjualan gorengan di pinggir jalan pada sore hari, sepulangnya dari sekolah. Tak cukup dengan berjualan gorengan, malam harinya dia pergi ke pasar menjadi kuli panggul hingga Subuh.

"Kegiatan itu saya lakukan dari sore selepas pulang sekolah sampai dengan tengah malam. Kemudian saya lanjutkan dengan menjadi kuli angkut sayur di pasar sampai Subuh dengan imbalan yang sekedarnya. Bahkan saat musim hujan tiba, gorengan tidak laku karena kena hujan dan takut tidak pulang lantaran tak membawa uang," kata Lugas dalam Youtube TNI AD.


Sertu Lugas saat menjadi kuli di pasar. (Foto Youtube TNI AD).

 

Dirinya bahkan mengaku sempat putus asa dan berpikir untuk berhenti sekolah karena menambah beban biaya. Tapi dia menguat tekadnya agar sukses dan bisa membahagiakan ibu serta adiknya.

Saat akan menjalani proses seleksi, dia mengaku sempat malu karena datang dari keluarga yang kurang mampu. Dia mengaku, baju dan sepatu yang digunakannya amat tidak layak. 

Dengan menggadaikan motor yang dia digunakan untuk berjualan, Lugas memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi tentara. "Alhamdulillah dengan rahmat Tuhan yang maha Esa, saya dinyatakan lulus dan masuk menjadi tentara melalui jalur bintara unggulan," jelasnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut