get app
inews
Aa
Read Next : Hadapi Brunei Darussalam, Begini Peluang Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2026 

Ini Alasan FIFA Lebih Memilih Pemerintah Bukan PSSI dalam Tim Transformasi

Selasa, 11 Oktober 2022 | 21:30 WIB
header img
Alasan FIFA lebih memilih pemerintah bukan PSSI. Foto: Kemenpora

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Adanya tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang, membuat FIFA lebih memilih membantu pemerintah dari pada PSSI dalam tim transformasi. Alasan tersebut diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali pada Selasa (11/10/2022) di Istana Negara, mengatakan tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan merupakan tanggung jawab pemerintah pusat.

"Ya, ini merespon surat FIFA kepada Presiden (Joko Widodo). Surat FIFA itu langsung ditujukan kepada presiden, bukan kepada siapa-siapa, tentu ini respons pemerintah. Kalau tidak dibutuhkan tidak ada masalah, tetapi ini menjadi tanggung jawab kita bersama begitu ada masalah pasti pemerintah juga yang ditanya," ujarnya.

Pada 5 Oktober 2022 lalu, FIFA telah mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi yang berisi pengakuan bahwa pihak mereka siap untuk membantu pemerintah dalam membenahi sepakbola Indonesia. Dari adanya insiden mengerikan itu, 131 orang dilaporkan meninggal dunia akibat berdesakan, sesak nafas, dan saling injak satu sama lain.

Melalui suratnya, FIFA menyampaikan lima poin yang harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia yaitu tentang standar keamanan stadion, protokol pengamanan, sosialisasi dan diskusi dengan klub serta supporter, pengaturan jadwal dan benchmarking.

Amali menambahkan terkait kompetisi dan perizinan bukan termasuk ranah pemerintahan, tetapi semua itu dikelola oleh Kepolisian, selain itu FIFA juga memiliki tujuan baik untuk memperbaiki sepak bola Indonesia agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang lagi.

"Urusan misalnya tentang kompetisi dan lain sebagainya tentang izin, itu tidak ada di wilayah kita yang memberikan izin keramaian adalah pihak lain (Kepolisian). Tapi saya juga tetap di tanya tentang itu oleh karena itu FIFA bertujuan baik, saya lihat dari suratnya itu ingin membantu Indonesia untuk memperbaiki sepakbola Indonesia secara umum, khususnya kompetisi dan tragedi Kanjuruhan tidak terulang lagi," jelasnya.

Menurut Amali, adanya tindakan yang dilakukan FIFA merupakan suatu hal yang perlu direspon dengan baik.

"Kita harus melihatnya di situ. Kita harus merespon niat baik FIFA sebagai International Federation dari sepakbola," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul, Menpora Ungkap Penyebab FIFA Lebih Pilih Pemerintah ketimbang PSSI dalam Transformasi Sepakbola Indonesia.

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut