Logo Network
Network

Ini 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan Berikut Perannya

Avirista Midaada
.
Jum'at, 07 Oktober 2022 | 06:27 WIB
Ini 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan Berikut Perannya
Ngerinya Pintu 13 Stadion Kanjuruhan layaknya kuburan massal (Foto: Avirista Midaada)

MALANG, iNewsPurwokerto.id - Mabes Polri telah menetapkan 6 tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan. Mereka adalah panitia dan petugas keamanan di lapangan.

Enam tersangka yang ditetapkan memiliki peran masing-masing, sehingga dinilai ikut andil dalam terjadinya Teragedi Kanjuruhan.

Keenam tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan karena keenam pelaku memiliki peran dan tanggungjawab sehingga terjadi kealpaan. Mereka adalah

1. Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ahmad Hadian Lukit

Dia bertanggung jawab memastikan setiap stadion memiliki sertifikasi yang layak fungsi.

"Namun, pada saat menunjuk stadion LIB, persyaratan layak fungsinya belum dicukupi dan menggunakan hasil verifikasi tahun 2020," ujar Kapolri saat konferensi pers di Mapolresta Malang Kota, pada Kamis (6/10/2022) malam.

2. Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Abdul Harris 

Selaku Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Abdul Harris dijerat pasal 359 dan dan 360 KUHP. Ia juga dijerat Pasal 103 Juncto Pasal 52 UU Nomor 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

"Pelaksana dan koordinator penyelenggara pertandingan yang bertanggung jawab pada LIB di situ disebutkan pada pasal 3, panpel bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kejadian,”kata Kapolri.

3. Security Officer Suko Sutrisno 

Selaku security officer, dikenakan pasal yang sama dengan Abdul Harris. Dia dianggap tidak membuat dokumen penilaian risiko, bertanggung jawab untuk dokumen penilaian risiko untuk semua pertandingan.

"Juga memerintahkan steward untuk meninggalkan pintu gerbang pada saat terjadi insiden,”ujar Kapolri.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini