Logo Network
Network

Kapolda Jatim Dicopot Karena Tragedi Kanjuruhan? Begini Pernyataan Mabes Polri

Avirista Midaada, Faieq Hidayat
.
Selasa, 11 Oktober 2022 | 06:34 WIB
Kapolda Jatim Dicopot Karena Tragedi Kanjuruhan? Begini Pernyataan Mabes Polri
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dicopot dari jabatannya. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Setelah Mabes Polri mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, kini giliran Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. Irjen Nico dimutasi ke bagian Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri. 

Banyak kalangan menduga kalau pencopotan tersebut terkait dengan tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 131 orang meninggal. Apakah benar? Mabes Polri menyatakan kalau mutasi merupakan hal yang biasa. 

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, mutasi di tubuh Polri merupakan hal alamiah untuk penyegaran organisasi. "Ya betul tour of duty and tour area, mutasi adalah hal yang alamiah dalam organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," kata Dedi saat dikonfirmasi MPI, Senin (10/10/2022). 

Kapolda Jatim diganti oleh Irjen Teddy Minahasa yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat. Mutasi Irjen Nico tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 yang diterbitkan Senin, tanggal 10 Oktober. 

Pencopotan Kapolda Jatim memang banyak disuarakan oleh sejumlah kalangan. Salah Aremania Kota Batu. Dalam pernyataannya, mereka meminta Kapolda Jawa Timur dicopot dari jabatannya buntut tragedi Kanjuruhan Malang. 

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini