get app
inews
Aa Read Next : Duh Ada Badai Matahari Akhir November, Begini yang akan Terjadi

Ini Astronot Perempuan Pertama Indonesia, Batal Berangkat Akibat Insiden Kecelakaan

Kamis, 20 Oktober 2022 | 11:20 WIB
header img
Mengenal sosok Pratiwi Sudarmono (Foto ilustrasi: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Indonesia memiliki seorang astronot perempuan pertama, dia adalah Pratiwi Sudarmono. Pratiwi terpilih ikut dalam misi pesawat ulang-alik National Aeronautics and Space Administration (NASA) yang berangkat ke luar angkasa pada 1986, walau pada akhirnya misi itu terpaksa dibatalkan karena kecelakaan. 

Ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu memiliki nama lengkap Pratiwi Pujilestari Sudarmono. Dia dilibatkan dalam pesawat ulang-alik Columbia dengan misi STS-61-H yang membawa tiga satelit, salah satunya adalah satelit Palapa B3. 

Dalam misi penerbangannya, perempuan kelahiran 31 Juli 1953 bertugas untuk melakukan penelitian terkait daya tahan tubuh manusia dan kemungkinannya hidup berkoloni di luar angkasa. 

Dari 200 pelamar, Pratiwi berhasil lolos usai mengikuti serangkaian tes dan persyaratan yang sangat ketat. Untuk menjalankan misi ini, dia mendapatkan pelatihan spesialis muatan dengan NASA, termasuk mempelajari sistem kerja pesawat ulang-alik dan tes mental serta simulasi ketika berada di luar angkasa. 

Namun sayangnya, penerbangan tersebut dibatalkan setelah adanya insiden kecelakaan. Meski batal berangkat ke luar angkasa, Pratiwi tetap melakukan penelitian di NASA pada tahun 1985 hingga 1987.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut