get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka: Capaian dan Komitmen yang Perlu Diapresiasi

Iriana Joko Widodo Resmikan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun Indonesia 2022

Kamis, 20 Oktober 2022 | 14:44 WIB
header img
Iriana Joko Widodo Resmikan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun Indonesia 2022. Foto: Kemendikbudristek.

JAMBI, iNewsPurwokerto.id - Iriana Joko Widodo bersama Wury Ma’ruf Amin meresmikan pembukaan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Indonesia 2022 di Jambi, Kamis (20/10/2022). Kegiatan diikuti oleh 1.000 peserta dari enam provinsi.

Program ini sendiri merupakan kerja sama antara Kemendikbudristek dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Jambi sebagai bagian dari rangkaian kunjungan bersama OASE Kabinet Indonesia Maju. Kegiatan ini menandakan dimulainya pembelajaran PKW Tekun Tenun Indonesia 2022 oleh 1.000 peserta didik ini juga diikuti secara virtual oleh enam Dekranasda provinsi penyelenggara diantaranya Jambi, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

Sebagai tanda peresmian, Ibu Negara memimpin penabuhan kompangan, yaitu rebana khas Jambi, bersama para pengurus Dekranas dan pimpinan Kemendikbudristek. Iriana juga turut menyaksikan pengalungan tanda kepesertaan perwakilan peserta didik PKW Tekun Tenun Indonesia 2022 oleh Ibu Gubernur Jambi, Hesnidar Al Haris, selaku Ketua Dekranasda Provinsi Jambi.

"Merupakan kebanggaan bagi kami, Dekranasda Provinsi Jambi turut berkesempatan menyelenggarakan program PKW Tekun Tenun Indonesia 2022 untuk mendorong regenerasi perajin tenun Jambi sehingga tenun khas Jambi tetap lestari," ucap Hesnidar dalam keterangannya.

Sementara menurut Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, dalam laporannya menyebutkan jika program PKW ini dirancang untuk tetap melibatkan unsur lokal.

“Program PKW yang diselenggarakan Direktorat Kursus dan Pelatihan dirancang untuk turut melibatkan dan memperhatikan unsur lokal, yang mengembangkan jenis keterampilan vokasi disesuaikan dengan potensi lokal, dan membuka kesempatan pada lembaga yang mengakses program PKW untuk bekerja sama dengan UMKM setempat," ucapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut