get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Kilang Cilacap, Direktur Operasi KPI Pastikan Kesiapan Dukung Satgas RAFI

Kilang Cilacap Kenalkan Biorefinery di Kalangan Akademisi pada Senovtek 2022

Selasa, 25 Oktober 2022 | 11:08 WIB
header img
PT KPI RU IV Cilacap tegaskan komitmen mengelola Biorefinery pada Senovtek 2022. (Foto: dok PT Kilang Pertamina Internasional Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menegaskan komitmennya mengelola Biorefinery dengan produk-produk hijau untuk memperkuat langkah transisi energi. Hal itu dituturkan Manager Engineering and Development PT KPI RU IV Cilacap, Hadi Siswanto di hadapan mahasiswa dalam Seminar Nasional Inovasi dan Pembangunan Teknologi Terapan (Senovtek) 2022. 

Dijelaskan Hadi, Biorefinery merupakan proyek energi bersih Pertamina, di mana pengolahan kilang menggunakan bahan baku renewable feedstock seperti RBDPO (minyak kelapa sawit) hingga UCO (minyak jelantah) guna menghasilkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

“Hal ini juga mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan agenda 2030, sesuai tujuan tujuh prioritas SDG's yang dijalankan Pertamina, yakni energi bersih dan terjangkau,” katanya. 

Dalam hal penerapan teknologi dan percepatan transformasi digital, lanjut Hadi, Pertamina telah melakukan banyak improvisasi dan inovasi teknologi. "Kami telah memiliki ruang kendali yakni Strategic Command Center (SCC). Melalui SCC ini, seluruh aktivitas dan permasalahan kilang dapat terpantau ketat oleh manajemen sehingga mudah dicarikan solusi dari segala cakupan bidang.”

Hadi juga mengatakan, perkembangan dan kebutuhan teknologi menjadi hal penting dalam mendukung era industri 4.0. Revolusi ini membawa banyak perubahan di berbagai sektor, di mana perusahaan yang membutuhkan banyak tenaga manusia tergantikan dengan penggunaan mesin teknologi.

“Oleh karena itu, data menjadi aset strategis dan pengolahan, serta pemanfaatan secara digital akan sangat mendukung perusahaan mempercepat proses kerja maupun pengambilan keputusan,” ucapnya. 

Selain itu, implementasi teknologi tersebut turut mendukung visi Pertamina To be Digital & World Class Refinery pada 2028. “Konsekuensinya keberadaan kilang yang efisien dan ramah lingkungan, baik dari sisi operasional maupun produknya.” 

Senovtek yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Cilacap (PNC) ini digelar di lantai 5 gedung kuliah Kampus Bersama PNC, Kamis (20/10/2022). Kegiatan ini dilakukan secara hybrid, yakni berupa luring dan daring. 

Pada seminar ini mengambil tema "Peluang dan Tantangan Teknologi Terapan untuk Mendukung Pembangunan Nasional Berkelanjutan". Artikel yang diseminarkan meliputi Engineering, Mechanical, Electrical, Agro Industri, Informatika, Environmental, dan Ilmu pengetahuan praktis.

"Diharapkan peserta dapat mengambil peran dalam optimalisasi teknologi terapan guna mendukung pembangunan Nasional secara berkelanjutan, melalui penelitian khususnya bidang vokasi," jelas Wakil Direktur Bidang Akademik PNC, Agus Santoso. 

Senovtek menjadi ajang pertemuan ilmiah yang memberikan kesempatan kepada para peneliti, praktisi, dosen, dan mahasiswa untuk dapat mendiseminasikan hasil karya penelitian dan penerapannya.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut