get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Gerakan Pangan Murah, Upaya Kendalikan Inflasi Pangan di Banyumas

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:07 WIB
header img
Seorang warga membeli beras dalam gerakan pangan murah di GOR Satria Purwokerto, Minggu (30/10/2022).

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Memasuki akhir tahun, beberapa langkah pengendalian inflasi terus dilakukan. Satu di antaranya yakni dengan gerakan gerakan pangan murah yang digelar Dinas Pertanian dan Kehutanan Pangan Kabupaten Banyumas. Gerakan yang digelar di GOR Satria, Minggu (30/10/2022) ini merupakan satu bentuk Pemkab Banyumas turut menyukseskan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan.

Analis Ketahanan Pangan Muda Deputi Bidang Ketersediaan dan stabilisasi pangan Badan Pangan Nasional, Jan Piter Sinaga, mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar semua pemerintah daerah terkait harus bersama-sama bersinergi untuk mengendalikan inflasi pangan.

"Momentum hari ini merupakan bagian dari pegendalian inflasi pangan, yakni gerakan pangan murah. Mengapa Pangan Murah? karena kita ingin menyediakan pangan yang berasal dari produsen kita, dan menggandeng para Gapoktan. Sehingga nantinya gapoktan ini dapat menjadi distributor pangan di Kabupaten Banyumas," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas, Jaka Budi Santosa mengatakan gerakan pangan murah tersebut sebagai satu upaya pengendalian inflasi pangan, dengan cara menyediakan sembilan bahan makanan pokok yang harganya di bawah harga pasar.

"Contohnya tadi beras selisihnya dua sampai tiga ribu, bahkan yang paling banyak tadi selisih harga ayam, tadi disebutkan oleh penyedianya, kalau di luar harga Rp38.000,- di bazar ini dijual Rp25.000. Termasuk kita menggalakkan teman-teman Gapoktan contohya Pisang Cavendis yang sentranya di Pekuncen dan Karangkemiri, alhamdulillah waktu Pak Bupati hadir sudah habis," katanya.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut