get app
inews
Aa Read Next : Basis Targetkan Kemenangan Spektakuler di Banyumas 

Wow, Pijat Ini Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Pancuran Pitu Baturraden

Selasa, 27 April 2021 | 05:00 WIB
header img
Wisatawan menikmati pijat belerang di Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh, Baturraden, (Foto : Bayu Sasongko).

PURWOKERTO, iNews.id- Berbicara Baturraden tak bisa lepas dari Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh. Pancuran Pitu adalah salah satu destinasi andalan di kawasan yang terletak di kaki Gunung Slamet, Banyumas, Jawa Tengah. Menawarkan keindahan pemandangan alam, pancuran air panas, kesegaran udara, dan yang pasti jangan sampai ketinggalan sensasi pijat lulur belerang.

Usai lelah menapak jalan tangga kurang lebih selama 15 menit dari loket masuk Pancuran Pitu, pengunjung langsung dimanjakan dengan sajian pemandangan indah khas pegunungan. Hijuanya pepohonan, segarnya udara hutan tropis, dan suara kemricik air panas dari pancuran yang berjumlah tujuh mancur di dinding tebing.

Di lokasi Pancuran Pitu, ada sensasi lain yang wajib dicoba dan dirasakan wisatawan. Pijat lulur belerang. Ya, di sini, puluhan pemijat dari Paguyuban Pijat Lulur Belerang Pancuran 7 siap melayani para wisatawan. Pijat menggunakan lulur belerang, dipercaya memiliki banyak kahsiat.

Acin Rahma, wisatawan asal Kebumen menyebut, usai dipijat menggunakan lumpur belerang rasanya langsung rileks, dan kulit terasa lebih halus.

"Aku pijat di tangan, lumayan lama sekitar 15 menit. Pakai belerang, terus air panasnya dari sumber langsung. Khasiatnya langsung kerasa, pegel-pegel hilang," ujar Acin.

Mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ini juga mengatakan, ia pernah melakukan pijat belerang ketika berkunjung sebelumnya, dan ketika datang lagi Acin pun mencoba luluran kembali.

"Beda banget sama pijat biasa sih. Ini yang kedua kalinya, enak banget rasanya jadi nagih," katanya.

Purwati, pemijat yang telah beroperasi sejak 2012 silam mengatakan, salah satu yang khas dari pancuran pitu adalah pijat lulur belerang, karena hampir jarang sekali ada duanya. Belerang, ia menjelaskan, memiliki banyak manfaat, seperti mengatasi penyakit kulit, dan dapat mengurangi sakit pegal-pegal di badan.

"Bagi yang punya penyakit kulit ini sangat berkhasiat. Bisa nyembuhin gatal-gatal, menghaluskan kulit. Untuk muka juga dapat nyembuhin jerawat," jelas Purwati.

Untuk tarif pijat sendiri, Purwati menyebut, pijat di area kaki atau tangan saja dengan durasi sekitar 15 menit, dibanderol dengan harga 15 ribu rupiah, sedangkan untuk pijat lulur full body hanya ditarik bayaran sebesar 50 ribu rupiah.

"Yang datang dari mana-mana saja. Setiap yang datang kesini pasti tertarik untuk pijat lulur belerang. Karena nggak di setiap tempat bisa. Kebanyakan juga dari luar daerah, seprti Jakarta dan sekitarnya," katanya.

Tertarik mencoba sensasi pijat lulur belerang ini? Tak susah untuk mencapai objek wisata Pancuran Tujuh, yang terletak di kawasan wisata Baturraden, dengan jarak sekitar 15 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Banyumas, Purwokerto. Akses ke lokasi pun mudah, dapat menggunakan kendaraan roda dua mapun roda empat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut