get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Pentas Lanang Lenggeran, Akan Hadirkan 100 Seniman 

Rabu, 09 November 2022 | 15:54 WIB
header img
Seratus seniman Lengger akan hadir dalam pentas Lanang Lenggeran. (Foto istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Lengger, kesenian yang namanya sudah melekat dengan Kabupaten Banyumas. Yayasan Budaya Langgengsari bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bakal menggelar pentas penari lengger lanang.

Pentas yang diberi nama "Pentas Lanang Lenggeran" ini akan digelar di Lapangan Desa Pandak, Baturraden, Sabtu malam (19/11/2022) mendatang.

Rencananya, dalam gelaran tersebut akan menghadirkan sekitar 100 seniman Lengger. Mulai dari lengger lanang, penari wanita hingga pemain calung juga akan berpartisipasi di dalamnya.

Program Director pementasan, Gilang Akbar mengatakan pentas tersebut merupakan satu bentuk upaya untuk memulihkan kembali ekonomi nasional melalui sektor budaya pasca pandemi covid-19. Pandemi yang terjadi dua tahun kebelakang kata dia, sangat berdampak terhadap seniman di wilayah Banyumas Raya.

"Covid ini membuat teman-teman pelaku budaya nyaris tidak mendapat pemasukan sama sekali. Sebagian dari mereka bahkan ada yang banting setir untuk bekerja kasar, padahal mereka adalah pilar utama pelestarian budaya Banyumas,” kata dia.

Hal tersebut yang membuatnya bersama teman lainnya mencoba membuat pagelaran seni lenggeran. Gayung bersambut, upaya tersebut mendapat apresiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut