Logo Network
Network

Ini Agenda Pokok Muktamar Muhammadiyah di Solo, Dari Pemilihan Pimpinan Sampai Kesalehan Digital

Bramantyo
.
Sabtu, 12 November 2022 | 19:10 WIB
Ini Agenda Pokok Muktamar Muhammadiyah di Solo, Dari Pemilihan Pimpinan Sampai Kesalehan Digital
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan akan ada 5 poin dalam muktamar Muhammadiyah di Solo

SOLO, iNewsPurwokerto.id - Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Solo akan segera dilaksanakan pada 19-20 November 2022 mendatang. Agenda besar lima tahunan persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah ini bahkan rencana akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Manahan.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan dalam muktamar ini setidaknya ada lima agenda pokok. Di antaranya yakni pertama, Laporan PP Muhammadiyah 2015-2022. Dalam laporan tersebut akan memotret berbagai pekerjaan yang telah dilakukan Persyarikatan Muhammadiyah dalam satu periode.

"Pelaporan ini penting untuk menunjukkan bahwa Muhammadiyah selama ini bekerja dengan serius untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya," kata dia seperti dilansir dari iNews.id.

Kedua, membahas program lima tahun ke depan. Sebagai organisasi yang mengusung tema berkemajuan, Muhammadiyah telah menyiapkan ragam program untuk menjawab tantangan zaman dalam lima tahun ke depan.

Menurut Haedar, solusi dari prediksi tantangan di masa depan ialah bagaimana memperkuat peran amal usaha sebagai benteng mewujudkan kemaslahatan.

“Poinnya ke depan kita akan lebih memperkuat amal usaha sebagai modal basis membangun keunggulan bangsa. Bangsa yang besar ini dengan segala keragamannya ini mesti berpacu agar setara dan unggul. Ini agenda terbesar, kadang suka tertutupi isu-isu yang temporal,” katanya.

Ketiga, membahas Risalah Islam Berkemajuan. Muhammadiyah memiliki sebuah keyakinan bahwa Islam yang sesungguhnya adalah agama yang mendorng kemajuan dan karena itu ia harus menjadi kekuatan aktual yang menggerakkan pemeluknya untuk memberi kesaksian atas keunggulan agama Islam.

Menurut Haedar, berkemajuan berarti menciptakan kedamaian, keadilan, dan membangun peradaban utama.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini