get app
inews
Aa
Read Next : Rektor UMP Turun ke Pasar, Serap Aspirasi Pedagang di Purwokerto

Bus Listrik Merah Putih, Kendaraan KTT G20 Wujud Nyata Transisi Energi Berkelanjutan

Minggu, 13 November 2022 | 16:28 WIB
header img
Bus Listrik Merah Putih (BliMP) diluncurkan dan siap beroperasi dalam KTT G20 di Bali. (Foto istimewa)

NUSA DUA, iNewsPurwokerto.id - Generasi muda Indonesia patut berbangga diri, anak bangsa telah berhasil mendesain bus listrik merah putih (BliMP) yang diluncurkan di Nusa Dua, Bali, Minggu (13/11/2022).

Bus listrik tersebut merupakan hasil kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri. Seperti diketahui, saat ini industri semakin menguat dengan adanya platform Kedaireka yang diciptakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 

Salah satu dari pemanfaatan platform Kedaireka tersebut yakni Bus Listrik Merah Putih (BliMP) ini yang merupakan kendaraan listrik inisiasi bersama antara Kemendikbudristek dan PT. Industri Kereta Api (INKA) yang akan digunakan untuk kendaraan operasional pada KTT G20 di Bali. 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim sangat mengapresiasi kerja sama riset antarperguruan tinggi tersebut. Menurutnya, BliMP tersebut didesain oleh anak bangsa (Indonesia) dan menggunakan komponen utama hasil penelitian dan pengembangan yang telah dikuasai oleh Indonesia.

“Sejak pertama kali Bapak Presiden Joko Widodo menerima presidensi G20, saya yakin bahwa ini adalah salah satu momentum terbaik bagi Indonesia untuk menunjukkan keunggulan bangsa kita dalam berbagai bidang. Termasuk salah satunya adalah bidang pendidikan. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan menghasilkan karya yang membanggakan ini,” kata Menteri Nadiem seraya mengapresiasi Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar dalam keterangan tertulis yang diterima iNewsPurwokerto.id.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut