get app
inews
Aa Read Next : Pasangan Tiwi-Hendra Targetkan Kemenangan 80 Persen di Purbalingga

400 Keluarga di Desa Bandingan Purbalingga Siap Teraliri Air Bersih

Rabu, 08 Desember 2021 | 20:04 WIB
header img
Warga Desa Bandingan bergotong-royong memasang dan menanam pipa dari pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.

PURBALINGGA, iNews.id – Warga Desa Bandingan, Kecamatan Kejobong bergotong-royong memasang dan menanam pipa dari pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), Rabu (8/12). Kepala Desa Bandingan Miswanto mengungkapkan jaringan Pamsimas ini untuk mengairi beberapa wilayah, terutama warga Dusun Kalgung yang berjumlah 400 kepala keluarga (KK).

“Di Dusun Kalgung selama ini kekurangan air, karena satu pompa untuk mengairi 4 wilayah sehingga perlu disupport dengan HID Mama (Hibah Insentif Desa Menuju Air Minum Aman) sehingga semua tercakupi, kurang lebih ada 400 KK teraliri,” kata Miswanto di sela acara Gebrak Gotong-royong.

Seperti yang diketahui, tahun ini Desa Bandingan memperoleh HID Mama dari APBN sebesar Rp 250 juta. Masyarakat juga turut andil untuk Pamsimas dengan dana swadaya sebesar Rp 20 juta.

Disamping, gotong-royong memasang pipa, acara Gebrak Gotong-Royong kali ini juga meresmikan Gedung BUMDes di kompleks Balai Desa Bandingan. Pemerintah Desa Bandingan memiliki sejumlah unit usaha BUMDes, diantaranya BPSPAM Pamsimas, lumbung desa, pengelolaan pasar desa, dan Usaha Ekonomi Simpan Pinjam (UESP).

“Nanti masih memungkinkan lagi kreatifitas inovasi dari keterlibatan masyarakat dan pemuda salah satunya pendapatan di sektor pariwisata,” ungkapnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut