Logo Network
Network

Viral! Video Pembuatan Masker Medis Tidak Higienis

Galih Pramudita
.
Selasa, 22 Juni 2021 | 13:30 WIB
Viral! Video Pembuatan Masker Medis Tidak Higienis
Tangkapan layar video TikTok yang merekam aktivitas pembuatan masker yang tidak higienis beredar di media sosial.

PURWOKERTO, iNews.id - Sebuah video yang merekam aktivitas pembuatan masker dengan cara tidak higienis, beredar di media sosial TikTok.

Dalam video berdurasi 18 detik tersebut, terlihat penampakan masker medis berwarna biru muda yang dikerjakan dengan cara dijahit di lantai. Bbeberapa pekerja tanpa pelindung tubuh, juga terlihat menjahit masker-masker tersebut.

Bahkan terekam ada pekerja yang tengah melipat masker, tanpa menggunakan alas apa pun di lantai. Sementara itu, para pekerja dalam video tersebut juga hanya mengenakan kaus lengan pendek dan bertelanjang kaki. 

Video tersebut kini sudah ditonton lebih dari 4,3M pengguna TikTok. Belum diketahui di mana lokasi video tersebut direkam.

Pada kolom komentar, netizen menyayangkan pembuatan masker yang sangat tidak higienis tersebut.

Akun WWH**** menuliskan, ‘Beli masker yang di jual di apotek aja guys. Biar mahal tapi aman’.

Sementara akun sufa*** menuliskan ‘banyak yang bilang India, terus indonesia apa gak ada yang kek gini..Cuma nanya’. 

Dilansir dari laman sinarmas.com yang memproduksi masker MediShield, pembuatan masker medis harus melalui beberapa tahapan. Pertama pembuatan masker adalah menggabungkan tiga lapis kain yang akan berfungsi sebagai Filtering Facepiece Respirator (respirator wajah penyaring/FFR), atau respirator.

Hal ini dilakukan sesuai standar WHO yang menyebutkan, bahwa FFR harus dapat memberikan keseimbangan filtrasi dan kemudahan bernapas.

Selanjutnya, FFR akan melewati proses embossing cutting. Pada proses ini, FFR akan diberikan logo untuk kebutuhan branding. 

Proses selanjutnya adalah penempelan earloop atau tali pengait telinga. Sebelum dikemas, masker-masker yang telah diproduksi akan diuji di laboratorium untuk uji kelayakan.

Di sini, masker-masker tersebut akan diuji ketahanannya dalam menahan udara dan cairan. Pekerja yang terlibat dalam pembuatan masker juga menggunakan pakaian yang steril.

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini