get app
inews
Aa Read Next : Daftar Harga Gift TikTok, Begini Cara Tukar Koin Jadi Uang

Waduh! YouTube dan TikTok Disinyalir Banyak Kumpulkan Data Pengguna

Senin, 14 Februari 2022 | 21:11 WIB
header img
URL Genius menyebut, YouTube dan TikTok mengambil data dan informasi pribadi pengguna bahkan saat tidak sedang digunakan. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - YouTube dan TikTok disinyalir paling banyak mengumpulkan data pengguna dibanding aplikasi media sosial lainnya. Hal tersebut berdasarkan laporan URL Genius.

Parahnya, data pengguna yang diambil ini digunakan untuk kepentingan perusahaan. Yakni, menarget iklan secara spesifik. Seperti dilansir dari Gizchina, YouTube telah melakukan pengumpulan data pengguna untuk keuntungan perusahaan.

Adapun data yang diambil adalah riwayat penelusuran dan lokasi, yang nantinya data-data ini akan digunakan untuk keperluan iklan. Sementara TikTok memungkinkan pelacak pihak ketiga untuk mengumpulkan data pribadi pengguna untuk berbagai tujuan. Sulit mengetahui oleh siapa data ini dikumpulkan, kemana data pergi, dan bagaimana data tersebut dimanfaatkan.

URL Genius menyebut, baik YouTube dan TikTok mungkin saja mengambil data lain termasuk informasi pribadi pengguna. Dikatakan pula bahwa pengumpulan data bisa dilakukan bahkan saat pengguna tidak menggunakan aplikasi.

”Konsumen saat ini tidak dapat melihat data apa yang didapat jaringan pihak ketiga, atau bagaimana data mereka akan digunakan,” tulis URL Genius. URL Genius menggunakan fitur App Activity Recording yang tersedia di sistem operasi iOS untuk mendapatkan temuan ini.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut