get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Pemuda Deklarasi Dukung Joko Suranto Maju Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024

BHHC Telusuri Jejak Sekolah-sekolah Tua di Purwokerto 

Minggu, 27 November 2022 | 06:39 WIB
header img
BHHC kunjungi sekolah-sekolah tua yang ada di Purwokerto. (Foto: DOk BHHC)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Komunitas pelestari sejarah Banjoemas History and Heritage Community (BHHC) menggelar program Jelajah 'Jejak Sejarah Sekolah #1', Sabtu (26/11/2022).

Dalam program yang digelar dalam rangkaian peringatan ulang tahun BHHC ke 11, belasan peserta jelajah mengunjungi sejumlah objek cagar budaya seperti Gedung Bakorwil III, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 5 dan komplek yayasan sekolah Bruderan.

Di wilayah Kota Purwokerto, bangunan-bangunan itu masih kokoh berdiri bahkan cukup terawat. Gedung tersebut merupakan peninggalan sejarah masa politik etis Hindia Belanda.

Keberadaan gedung-gedung ini, menjadi pertanda perkembangan Purwokerto menjadi sebuah kota kecil di selatan Provinsi Jawa Tengah.

Salah satunya adalah gedung SMA Negeri 5 Purwokerto, yang berlokasi di Jalan Gereja nomor 20 Purwokerto. Sekitar tahun 1922, gedung ini dahulu difungsikan sebagai Kwekschool dan Normalschool.

Bila dilihat sepintas, gedung SMAN 5 Purwokerto identik dengan bangunan arsitektur Eropa abad ke 19. Jendela-jendela tinggi dan lebar. Lorong-lorong panjang yang menyatukan antar gedung juga menjadi ciri khas komplek sekolah tersebut.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut