get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Salah Satu Negara Paling Santai di Dunia Setelah Australia, Ini Urutannya

Penentuan Waktu Shalat 6 Negara Tanpa Malam Hari di Dunia, Matahari Selalu Bersinar!

Senin, 28 November 2022 | 15:43 WIB
header img
Bagaimana negara tanpa malam hari bisa menentukan waktu untuk beribadah, khususnya umat Islam. . Foto/Ilustrasi/ist

Negara Tanpa Malam Hari

Lantas, negara mana saja yang memiliki waktu malam hari pendek. Berikut daftar negara tanpa malam hari di dunia:

1. Norwegia

Norwegia merupakan negara tanpa malam hari di dunia karena memiliki letak dekat sektor Kutub Utara dan merupakan negara yang mengalami perubahan musim cukup ekstrem. Bahkan, salah satu kota di Norwegia bernama Hammerfest memiliki waktu siang hari selama 24 jam karena berada paling Utara. Kondisi ini biasanya terjadi saat awal Mei hingga akhir Juli dan menyebabkan udara di kota tersebut sangat panas dan warganya harus menggunakan AC.

Selain itu, terdapat beberapa kota di Norwegia yang mengalami fenomena midnight sun. Meskipun waktu tersebut sudah menunjukan tengah malam, namun matahari tetap bersinar seolah seperti terbenam, sehingga dipenuhi sinar senja dan terang kembali.

2. Kanada

Terletak di bagian utara Benua Amerika, Kanada memiliki fenomena alam yang unik, diantaranya yakni kota Yukon dan Nunavut yang selalu mengalami waktu siang hari sangat panjang selama musim panas.

Bahkan, masyarakat setempat tidak bisa merasakan matahari terbenam dan datangnya malam hari ketika musim panas. Sehingga matahari akan selalu bersinar sepanjang hari sejak awal Juni hingga Agustus.

3. Islandia

Islandia adalah negara yang terletak di bagian barat laut benua Eropa yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah, karena letaknya yang dekat dengan kutub utara. Ketika musim panas tiba, maka waktu siang di wilayah tersebut akan berlangsung selama 24 jam dan matahari selalu bersinar. Matahari di Islandia seakan-akan tidak pernah terbenam ketika musim panas.

Begitu juga sebaliknya, ketika memasuki musim dingin, waktu malam di Islandia akan benar-benar gelap selama 24 jam. Islandia mengalami malam terlama di awal bulan juni, sedangkan matahari hanya terbit selama 3 jam saja. Sementara untuk waktu siang terpendek terjadi pada bulan Desember yakni hanya dalam waktu 3 jam saja.

4. Alaska

Alaska merupakan salah satu negara yang masuk ke dalam wilayah Amerika Serikat yang terkenal akan sumber daya alam yang melimpah. Negara ini juga memiliki daya tarik seperti fenomena siang sepanjang hari.

Fenomena itu terjadi di kota Borrow yang mengalami waktu siang hari 24 jam selama 90 hari. Untuk mensiasatinya, masyarakat asli kota tersebut menggunakan alumunium foil untuk menggelapkan di rumahnya dan membuat kesan malam hari, tujuannya agar mereka dapat tidur dengan tenang.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut