get app
inews
Aa Read Next : 5 Dampak Buruk Vape, Apakah Lebih Aman dari Rokok?

Penyakit Cacar Monyet Ganti Nama Jadi Mpox, WHO: Upaya Hindari Rasis

Selasa, 29 November 2022 | 12:26 WIB
header img
Penyakit cacar monyet diganti namanya oleh WHO menjadi mpox. Foto: IST

JENEWA, iNewsPurwokerto.id - Penyakit cacar monyet diganti namanya menjadi mpox. Penyakit ini pertama kali ditemukan pada manusia pada 1970 di Republik Demokratik Kongo, dengan penyebaran di antara manusia sejak saat itu terutama terbatas pada negara-negara Afrika Barat dan Afrika Tengah tertentu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengubah cacar monyet menjadi mpox  dalam upaya untuk menghindari rasisme dan stigmatisasi yang berasal dari nama yang sebelumnya digunakan.

Namun, lonjakan infeksi cacar monyet telah dilaporkan di berbagai negara di luar Afrika sejak awal Mei, sebagian besar di antara pria yang berhubungan seks dengan pria lain.

PBB telah menyarankan membatasi jumlah pasangan seksual yang dimiliki seseorang untuk mengurangi risiko penularan. Sementara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki kemungkinan besar akan terpengaruh, pejabat publik menekankan bahwa siapa pun dapat tertular cacar monyet.

Namun pada Mei, kasus penyakit yang menyebabkan demam, nyeri otot, dan lesi kulit seperti bisul yang besar, mulai menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut