get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Sukses Mengelola Sampah, Husein Berbagai Tips dan Trik Kepada Bupati Purbalingga

Jum'at, 02 Desember 2022 | 22:17 WIB
header img
Sukses Mengelola Sampah, Husein Berbagai Tips dan Trik Kepada Bupati Purbalingga. Foto: Ist

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Suksesnya Kabupaten Banyumas dalam pengelolaan sampah, menarik perhatian Kabupaten Purbalingga untuk menimba ilmu. Sebagai Kabupaten yang bertetangga, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) ingin mengetahui tips dan trik pengelolaan sampah kepada Bupati Banyumas Achmad Husein.

"Kita ketahui bersama bahwa Pemerintah Kabupaten Banyumas ini merupakan pemerintah Kabupaten yang sukses bahkan saat ini menjadi pilot project di beberapa kabupaten/kota kaitan sampah," kata Bupati Tiwi saat berada Ruang Joko Kaiman, Kompleks Pendopo Sipanji, Banyumas, Jum'at (2/12/2022) 

Sedangkan Purbalingga, menurut Tiwi masih dalam tahap berjuang untuk menemukan solusi yang tepat terkait penanganan sampah. Salah satu yang sudah dilakukan yakni pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) secara bertahap, namun hal ini akan membutuhkan anggaran yang besar.

"Nah pada kesempatan ini kami ingin belajar dan tentunya meminta tips and trick ini. Gimana ceritanya Pemkab Banyumas bisa sukses dalam jangka waktu yang singkat untuk menangani permasalahan sampah," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Banyumas, Achmad Husein memberikan sejumlah saran ke Pemkab Purbalingga, salah satunya dengan menyediakan hanggar atau Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse and Recycle (TPS3R).

"Harus dibangunkan PDU (pusat daur ulang) besar, TPS3R atau hanggar, minimal 1200 meter persegi. Untuk menampung sampah dengan kapasitas 25 - 30 dump truck per hari maka perlu dibangun 4 unit," kata Husein.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut