get app
inews
Aa Read Next : 6 Fakta Keindahan Gunung Semeru yang Tengah Erupsi

Indahnya Gunung Semeru di Jawa Timur, Dijuluki Puncak Abadi Para Dewa

Senin, 05 Desember 2022 | 12:48 WIB
header img
Indahnya Gunung Semeru di Jawa Timur, Dijuluki Puncak Abadi Para Dewa. Foto : MNC Media

JAKARTA, iNewsPurwokerto.idGunung Semeru di Jawa Timur erupsi pada Minggu (4/12), pukul 02.46 WIB dini hari. Gunung berapi ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). 

Gunung Semeru juga menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Dibalik peristiwa yang tengah terjadi, Gunung Semeru selalu memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. 

Maka tak heran, jika Gunung Semeru dijadikan sebagai lokasi syuting film 5 cm. Sejak film itu tayang, semakin banyak pendaki yang datang untuk menikmati keindahan gunung satu ini.

Pesona gunung Semeru pastinya memikat para pendaki dari seluruh Nusantara hingga belahan dunia. Mereka datang silih berganti demi untuk mencapai puncak Mahameru, yang dikenal sebagai puncak abadi para dewa.

Pesona Gunung Semeru

Gunung Semeru juga memiliki keunikan tersendiri selain memiliki pesona dan daya tarik, yakni kawahnya yang selalu mengeluarkan letupan secara berkala setiap 15-20 menit sekali. Letupan itu menimbulkan kepulan asap abu bahkan kadang-kadang bercampur batu kerikil ke udara. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut