get app
inews
Aa Read Next : 264 Pelajar Purbalingga Bersaing Ketat Ikuti Seleksi Paskibraka 2024

Stabilkan Harga Jelang Nataru, Badan Pangan Nasional Gelar Bazar Pangan Murah di Purbalingga

Kamis, 22 Desember 2022 | 14:54 WIB
header img
Stabilkan Harga Jelang Nataru, Badan Pangan Nasional Gelar Bazar Pangan Murah di Purbalingga. Foto: Dok Badan Pangan Nasional

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) bersama anggota Komisi IV DPR RI melaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah Tahun 2022. Kegiatan yang dikemas melalui Bazar Pangan Murah ini dilaksanakan di area GOR Goentoer Darjono Purbalingga, Jawa Tengah Kamis, (22/12/ 2022).

Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan NFA, Maino Dwi Hartono dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Pangan Murah Kabupaten Purbalingga dilakukan Pemerintah untuk menekan gejolak dan kenaikan harga pangan pokok strategis. Khususnya jelang hari besar keagamaan dan nasional (HBKN) Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Sepanjang tahun 2022, Badan Pangan Nasional telah menyelenggarakan 440 kali kegiatan Gerakan Pangan Murah di 30 provinsi dan 110 kabupaten/kota. Kegiatan tersebut melibatkan mitra terkait seperti BUMN Pangan Perum Bulog, ID FOOD, distributor, Gapoktan, kelompok tani, kelompok ternak, dan pelaku UMM Pangan," kata Maino mewakili Kepala NFA Arief Prasetyo Adi.

Maino mengatakan, kontribusi mitra NFA dalam Bazar Pangan Murah (BPM) tersebut sangat membantu Pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat, sebab selisih harga bahan pangan yang tersedia, jauh berada di bawah harga pasar.

“Ini karena kita langsung dari teman-teman produsen, tentu harganya jauh lebih murah. Harapan kita masyarakat Purbalingga khususnya bisa menyambut hari besar Natal dan Tahun Baru bisa mengakses bahan pangan yang lebih murah dan terjangkau,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Anggota Komisi IV DPR-RI, KRT Darori Wonodipuro yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kolaborasi antara Pemerintah, Legislatif, dan masyarakat pelaku usaha. Sebagai inisiator kegiatan Gerakan Pangan Murah di Purbalingga, Darori menyebut kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga bahan pangan di sebagian wilayah Jawa Tengah.

“Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya mulai dari Menteri hingga Bupati untuk saling berkolaborasi memfasilitasi angkutan lintas daerah guna menekan laju inflasi bahan makanan. Kami sudah cek di lapangan, kalau begini pasti harga pangan bisa lebih terkendali,” ucap Darori.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut