Logo Network
Network

KA Baturraden Ekspres Diluncurkan, dari Purwokerto ke Bandung Kian Mudah

Franky S
.
Jum'at, 25 Juni 2021 | 08:06 WIB
KA Baturraden Ekspres Diluncurkan, dari Purwokerto ke Bandung Kian Mudah
Acara peluncuran KA Baturraden Ekspres di Stasiun Purwokerto pada Jumat (25/6/2021). (Foto: Franky S)

PURWOKERTO, iNews.id - Bupati Banyumas,  Achmad Husein, mendapat kehormatan melakukan pemotongan pita menandai peluncuran KA Baturraden Ekspres oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), di Stasiun Purwokerto, Jumat (25/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, bupati menyampaikan terimakasih kepada PT KAI atas penyematan nama Baturraden Ekspres pada rangkaian kereta terbaru yang melayani rute perjalanan Purwokerto-Bandung via jalur Utara tersebut.

"Terima kasih kepada PT KAI, nama kereta ini akan sangat membantu promosi pariwisata daerah Banyumas," ujar bupati.

Adanya rangkaian kereta dari Bandung, jalan tol juga yang sedang progres, ditambah dioperasikannya bandara, menurut bupati harus bisa dioptimalkan untuk meningkatkan perekonomian terutama di sektor pariwisata.

"Orang akan tahu Baturraden, pariwisata kita akan terdongkrak. Lagi pula naik kereta itu aman dan bebas macet," ujarnya.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo menyampaikan, KA Baturraden Ekspres yang baru saja diluncurkan merupakan komitmen PT KAI untuk terus meningkatkan layanan kereta api yang sehat.

"Kenapa Purwokerto-Bandung, karena kita ingin menghubungkan dua daerah wisata yang diharapkan bisa menjadi salah satu mesin pertumbuhan ke depan. Baturraden ini merupakan satu ikon pariwisata yang ada di Banyumas," katanya.

Sejak kecil dulu kata dia, Baturraden sudah menjadi destinasi wisata yang legend. Semoga dengan dihubungkannya oleh rangkaian KA Baturraden Ekspres ini, kebangkitan penumpang bisa tumbuh untuk meningkatkan perekonomian.

Inovasi juga terus dilakukan PT KAI, lewat pengkajian percepatan waktu tempuh perjalanan kereta api.

"Kemarin kita sudah melakukannya pada KA Argo Bromo Anggrek yang semula itu 8 jam 42 menit, kita sudah percepat 8 jam 30 menit. Ini akan lebih kita percepat lagi, termasuk yang lewat Purwokerto ini. Kereta akan kita percepat sehingga daya saing kereta api ke depan akan mempunyai nilai tambah menjadi pilihan bagi masyarakat untuk bertransportasi dengan aman nyaman dan sehat," ujarnya.

Salah seorang penumpang KA Baturraden Ekspres, Lutfiah Maulida (23) mengaku sangat senang dengan kehadiran rangkaian kereta baru tersebut.

"Biasanya untuk pulang kampung saya pakai KA Serayu Ekspres, tapi jalur Selatan yang memutar. Kalau dulu butuh sekitar 10 jam baru sampai, sekarang jauh lebih cepat dan harga tiket terjangkau," katanya.

KA Baturraden Ekspres memiliki gerbong kelas eksekutif dan bisnis. Tarif tiketnya juga cukup murah, hanya Rp 130 ribu untuk kelas bisnis dan Rp 160 ribu untuk kelas eksekutif.

Waktu keberangkatan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 05.40 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pada pukul 12.09 WIB.

Adapun jadwal keberangkatan dari Bandung, pada pukul 16.30 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54 WIB. Mengingat situasi pandemi, operasional KA Baturraden Ekspres belum akan dioperasikan setiap hari.

Rencananya selama Juni-Juli 2021, KA ini baru akan dioperasikan pada 24 dan 27 Juni, serta 2 dan 4 Juli 2021. Sebagai ketentuan yang berlaku selama masa pandemi, para penumpang KA Baturraden Ekspres wajib melampirkan surat keterangan bebas Covid-19 saat hendak menumpang kereta.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini