get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Apresiasi Keberadaan Pertashop di Planjan, Bakal Direplikasi di Desa-desa Seluruh Indonesia

Rabu, 15 Desember 2021 | 17:02 WIB
header img
Persebaran Pertashop di desa-desa yang merupakan kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri dengan PT Pertamina (Persero) dalam meningkatkan nilai ekonomi masyarakat pedesaan.

CILACAP, iNews.id – Keberadaan Pertashop di Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan, Cilacap mendapat perhatian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, Pertashop di desa setempat sukses mendatangkan pendapatan asli desa (PADes) yang cukup baik. Bahkan, Kemendagri tertarik mereplikasi di desa-desa di seluruh Indonesia yang jumlahnya 74 ribu lebih.

Dalam kesempatan kunjungan di Desa Planjan, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo mengatakan bahwa keberadaan Pertashop di desa tersebut sudah sangat baik. “Oleh karena itu, Pertashop di sini bisa dijadikan contoih bagi desa-desa di seluruh Indonesia. Kami akan mencobva mereplikasinya ke 74 ribu lebih desa,”kata Yusharto di sela-sela kunjungan pada Rabu (15/12/2021).

Persebaran Pertashop di desa-desa yang merupakan kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri dengan PT Pertamina (Persero) dalam meningkatkan nilai ekonomi masyarakat pedesaan, yang telah dijalankan sejak awal tahun 2020.

Sementara dalam rilis tertulis yang diterima iNews Purwokerto, Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, mengatakan bahwa Kabupaten Cilacap merupakan salah satu daerah dengan persebaran Pertashop yang cukup pesat dibanding daerah lainnya di Indonesia.

“Sejauh ini terdapat 63 Pertashop sudah siap beroperasi di kabupaten Cilacap. Jumlah tersebut merupakan persebaran tertinggi di antara daerah lain, khususnya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),”kata Brasto dalam rilisnya.

Hal itu menurut Brasto, menunjukkan dukungan positif dari masyarakat akan kehadiran Pertashop sebagai sumber energi berkualitas yang lebih dekat dengan masyarakat. “Terhitung kurang dari 2 tahun, masyarakat mulai banyak mengenal dan menerima manfaat dari Pertashop yang telah memberikan kemudahan akses untuk memperoleh energi di desa,” katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut