Logo Network
Network

Ternyata Lato-lato dapat Latih Motorik Anak, Begini Penjelasan Pakar UMP

Elde Joyosemito
.
Jum'at, 06 Januari 2023 | 06:58 WIB
Ternyata Lato-lato dapat Latih Motorik Anak, Begini Penjelasan Pakar UMP
Ilustrasi saat Presiden Joko Widodo memainkan lato-lato

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Dalam beberapa waktu terakhir, gawai mendapat pesaing. Tidak lain adalah permainan lato-lato. Permainan tersebut begitu viral dan menjadi tren di mana-mana. 

Mereka yang bermain tidak hanya anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Di sekolah-sekolah banyak anak yang kemudian membawa lato-lato. Dengan suaranya yang khas, lato-lato menjadi bagian permaianan anak-anak kekinian. Padahal, sesungguhnya, lato-lato ini merupakan permainan tradisional yang tren pada tahun 1990-an. 

Alat permaianan ini terdiri dari dua bola ada yang warni-warni, ada juga satu warna. Dua bola itu digantung ke sebuah tali. Cara mainnya dengan membenturkan dua bola tersebut dengan cepat, sehingga menimbulkan bunyi 'tek..tek..'

Lalu, apakah permainan tersebut ada manfaatnya? Dosen Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr. Yudha Febrianta, M.Or.,AIFO. mengungkapkan bahwa permainan tersebut dapat melatih perkembangan motorik anak

“Anak sejatinya memiliki energi berlebih yang perlu disalurkan untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Apalagi saat ini anak juga tidak lepas dari HP. Dengan adanya permainan ini maka anak akan mulai tidak terkonsentrasi pada permainan di HP atau game yang ada di HP,”ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima iNewsPurwokerto.id pada Jumat (6/1/2023). 

Menurutnya, bermain memang menjadi salah satu kunci bagi anak untuk belajar, berkembang, percaya diri, sejahtera, dan sehat secara mental. Variasi dalam permainan sangat penting untuk diperhatikan ketika ingin mengembangkan seluruh area perkembangan anak.

“Permainan lato-lato akan membuat anak belajar untuk mengendalikan gerakan tangan. Karena kalua gerakan tangan ini tidak terkendali dengan baik maka gerak dari bandul itu akan tidak stabil dan menyebabkan permainan terhenti,”katanya.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini