get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022: Menunggu Sihir Neymar dan Messi

Brasil Genting, Pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro Ngamuk

Senin, 09 Januari 2023 | 08:01 WIB
header img
Keadaan genting terjadi di Ibu Kota Brasilia. Kondisi mencekam terlihat pada saat massa pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menduduki gedung parlemen negara setempat. (Foto: iNews.id/Reuters)

BRASILIA, iNewsPurwokerto.id – Keadaan genting terjadi di Ibu Kota Brasilia. Kondisi mencekam terlihat pada saat massa pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menduduki gedung parlemen negara setempat.

Laporan dari media lokal pada Minggu (8/1/2023) menyebutkan, suasana mencekam terjadi pada waktu polisi membubarkan mereka dengan granat gas dan granat bising.

Laman berita Brasil, G1 melaporkan, para pendukung radikal Bolsonaro merebut Kongres Nasional Brasil setelah bentrok dengan polisi militer. Semua peserta aksi antidemokrasi itu dipersenjatai dengan tongkat dan batu. 

Sementara Reuters memberitakan pendukung mantan presiden sayap kanan itu tidak hanya merebut Kongres, melainkan juga menyerbu Istana Kepresidenan, dan Mahkamah Agung Brasil. 

Peristiwa tersebut seakan-akan mengulangi kekeacauan yang terjadi di ibu kota AS dua tahun lalu, ketika para penggemar mantan Presiden Donald Trump menyerbut gedung DPR (US Capitol) di Washington DC. 

Atas situasi itu, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengumumkan intervensi keamanan federal di Brasilia yang berlangsung hingga 31 Januari. Dalam konferensi pers, dia menyalahkan Bolsonaro dan mengeluhkan kurangnya keamanan di ibu kota. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut