get app
inews
Aa Read Next : Tanda Akhir Zaman, Apakah Dajjal ataukah Yajuj dan Majuj Muncul Lebih Dulu

Khutbah Iblis saat Hari Kiamat di Hadapan Api Neraka Sadarkan Manusia Pengikutnya

Rabu, 11 Januari 2023 | 13:03 WIB
header img
Khutbah iblis saat Hari Kiamat yang menyayat hati membuat manusia pengikutnya bersedih sekaligus menyesal. Mereka bersedih di atas kesedihan. Foto: Ilustrasi/Freepik

SERPONG, iNewsPurwokerto.id - Khutbah iblis saat Hari Kiamat yang menyayat hati membuat manusia pengikutnya bersedih sekaligus menyesal. Mereka bersedih di atas kesedihan.  

Khutbah iblis tersebut disampaikan oleh Iblis kepada para pengikutnya pada saat yang sangat menegangkan. "Tatkala mereka pertama kali dimasukkan ke dalam neraka jahannam tatkala mereka telah melihat api yang menyala-nyala yang siap membakar mereka," ujar Ustaz Firanda Andirja.

Sungguh kehinaan dan kesedihan yang tidak bisa terbayangkan dalam hati para penghuni neraka tatkala mendengar khutbah dari sang pemimpin, iblis.

Khutbah tersebut, benar-benar masuk ke dalam hati para pengikut Iblis. Khutbah yang mengalirkan air mata manusia kala itu.

"Khutbah yang benar-benar telah menyadarkan mereka akan kesalahan-kesalahan mereka," ujar Ustaz Firanda melansir laman Firanda com.

Sementara kebenaran soal iblis yang berkhutbah tertuang dalam surat Ibrahim ayat 21-23.

Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata : 

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ ، قَامَ إِبْلِيْسُ خَطِيْبًا عَلَى مِنْبَرٍ مِنْ نَارٍ ، فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ

“Tatkala hari kiamat Iblis berdiri di atas sebuah mimbar dari api lalu berkhutbah seraya berkata, 'Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya…” (Tafsiir At-Thobari 16/563)

Al-Haafizh Ibnu Katsiir rahimahullah berkata : 

يُخْبِرُ تَعَالَى عَمَّا خَطَبَ بِهِ إِبْلِيْسُ أَتْبَاعَهُ، بَعْدَمَا قَضَى اللهُ بَيْنَ عِبَادَهُ، فَأدخل المؤمنين الجنات، وأسكن الكافرين الدركات، فقام فيهم إبليس -لعنه الله -حينئذ خطيبا ليزيدهم حزنا إلى حزنهم (4) وغَبنا إلى غبْنهم، وحسرة إلى حسرتهم

“Allah mengabarkan tentang khutbah yang disampaikan oleh Iblis kepada para pengikutnya, yaitu setelah Allah memutuskan/menghisab para hambaNya, lalu Allah memasukan kaum mukminin ke surga, dan Allah menempatkan orang-orang kafir ke dalam neraka jahannam. Maka Iblispun tatkala itu berdiri dan berkhutbah kepada para pengikutnya agar semakin menambah kesedihan di atas kesedihan mereka, kerugian di atas kerugian, serta penyesalan di atas penyesalan….” (Tafsiir Al-Qur’an Al-‘Adziim 4/489).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut