get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Stroke Sedunia 2022, Perdossi: Sudah Bergeser ke Usia Muda

Ternyata Kuper Picu Penyakit Jantung Koroner dan Stroke

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:01 WIB
header img
Kuper alias kurang pergaulan, kurang bersosialisasi atau berkomunikasi dengan lingkungan rumah ternyata membawa dampak bagi kesehatan fisik. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Kuper alias kurang pergaulan, kurang bersosialisasi atau berkomunikasi dengan lingkungan rumah ternyata membawa dampak bagi kesehatan fisik, selain mental juga.

Kuper ternyata memicu penyakit jantung koroner dan stroke. para peneliti mendapati kalau hubungan-kontak komunikasi sosial yang buruk bisa meningkatkan hingga lebih dari 25 persen risiko serangan jantung dan stroke pada seseorang, dilansir dari Times of India, Sabtu (14/1/2023).

Hubungan ini terungkap melalui studi penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Heart, berjudul "Kesepian dan isolasi sosial sebagai faktor risiko penyakit jantung koroner dan stroke: Tinjauan sistematis dan meta-analisis studi observasi longitudinal” yang meninjau pengaruh yang terlihat dari hubungan sosial terhadap serangan stroke dan kesehatan kardiovaskular.

Studi penelitian dilakukan dengan cara menelaah 35.925 catatan untuk penelitian ini, dana mencatat total sebanyak 4.628 kasus penyakit jantung dan 3.002 kejadian stroke selama periode antara 3 hingga 21 tahun. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut