get app
inews
Aa Read Next : Lestarikan Seni Tradisional, Kilang Cilacap Gelar Lomba Kentongan Tek-tek

Perkuat Upaya Mitigasi Bencana, Kilang Cilacap Tanam 1.000 Pohon di Lokasi Rawan

Senin, 16 Januari 2023 | 16:32 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional Cilacap menanam 1.000 pohon jenis kayu keras sebagai upaya mitigasi bencana di Desa Citepus, Kecamatan Jeruklegi, Senin (16/1/2023). (Foto: dok Kilang Pertamina Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id – PT Kilang Pertamina Internasional Cilacap menanam 1.000 pohon jenis kayu keras sebagai upaya mitigasi bencana di Desa Citepus, Kecamatan Jeruklegi, Senin (16/1/2023). Kegiatan ini melibatkan Pemkab Cilacap melalui Dinas Lingkungan Hidup, pemerintah desa setempat, dan relawan peduli lingkungan.

General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap Edy Januari Utama melalui Manager Health, Safety, Security, & Environment (HSSE) Hartanto menuturkan upaya merawat dan menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, serta dunia usaha.

“Penanaman pohon ini adalah bentuk perbaikan lingkungan selaras dengan Hari Gerakan Sejuta Pohon dan peringatan Bulan K3 tahun 2023,” ujarnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa penanaman ini juga menjadi kontribusi perusahaan dalam melestarikan alam dan cadangan penyimpanan air untuk mitigasi bencana longsor dan banjir di Desa Citepus.

“Maka, pada kegiatan ini kami menanam pohon jenis kayu keras, seperti Kluwek, Trembesi, Aren, dan Pete,” ujar Hartanto.

Keberadaan PT KPI ini telah mewarnai denyut pembangunan masyarakat di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Selain itu interaksi perusahaan dengan masyarakat dan pemerintah telah memberikan corak pembangunan di wilayah Cilacap,” tuturnya.

Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar menyatakan Desa Citepus menjadi salah satu wilayah yang rawan bencana longsor dan banjir saat musim hujan, serta kekeringan pada musim kemarau.

“Itulah mengapa pohon yang ditanam adalah jenis pohon keras yang berfungsi sebagai penyimpan air dengan akar yang kuat. Terimakasih untuk kontribusi dari PT KPI RU IV Cilacap,” katanya.

Dia juga menuturkan bahwa yang tidak kalah penting adalah upaya merawat pohon-pohon yang sudah ditanam hari ini, sehingga tidak terhenti pada simbolis penanaman.

“Masyarakat harus ikut merawat agar keberadaan pohon-pohon bisa dirasakan manfaatnya. Lebih dari itu, kami mengimbau masyarakat tergerak untuk ikut gerakan menanam pohon di lingkungannya masing-masing agar Cilacap semakin hijau,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan simbolis penyerahan bantuan 1.000 bibit pohon, santunan untuk 49 anak yatim, dan 20 orang lansia. Usai penanaman pohon, dilanjutkan dengan mengunjungi kegiatan Citepus Edufair 2023, sebuah bazar yang menampilkan berbagai produk unggulan UMKM, kuliner, pentas seni budaya, dan berbagai kearifan lokal.  

Kegiatan dihadiri oleh Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat, Camat Jeruklegi Rosikin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sri Murniyati, dan kepala dinas terkait jajaran manajemen PT KPI RU IV Forkopimcam Jeruklegi, dan undangan lain.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut