get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Kilang Cilacap, Direktur Operasi KPI Pastikan Kesiapan Dukung Satgas RAFI

Lestarikan Seni Tradisional, Kilang Cilacap Gelar Lomba Kentongan Tek-tek

Rabu, 10 Januari 2024 | 11:07 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menggelar Lomba Kentongan Tek-tek untuk mengasah kreativitas dan menjaga kesenian tradisional. (Foto: dok Kilang Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id – Seni tradisional kentongan tek-tek tidak bisa lepas dari budaya masyarakat di wilayah Banyumas Raya, termasuk Cilacap. Seni yang menuntut kekompakan dan harmonisasi ini masih terus lestari terbukti dengan masih eksisnya grup kentongan tek-tek di wilayah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Hal itu sebagaimana terlihat dalam kemeriahan Lomba Kentongan Tek-tek yang diselenggarakan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap di GOR Premium komplek Perumahan Pertamina Gunung Simping, Minggu (17/12/2023). Lomba ini menjadi bagian dari kemeriahan HUT ke-66 Pertamina dan ke-6 PT KPI.

Ketua Panitia HUT ke-66 Pertamina Niko Chandra Kertiyoso mengatakan, event tersebut merupakan wujud komitmen perusahaan dalam upaya melestarikan budaya kearifan lokal Cilacap. “Selain itu sebagai sarana menggali potensi kreativitas tim, mengenalkan budaya lokal dan hiburan bagi keluarga besar Kilang Cilacap,” katanya.

Dia berharap, lomba ini dapat semakin mengasah kreativitas para peserta, sehingga akan terus terpacu menjaga kesenian tradisional. “Kami berterimakasih kepada 13 grup peserta lomba dan lebih dari itu apresiasi atas konsistensi mereka menjaga kesenian tradisional ini,” ucap Niko.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut