get app
inews
Aa Read Next : Siapa Pelopor Sleeper Bus di Indonesia, Berikut Sejarah PO Brilian Asal Purwokerto

Sering Berpuasa dan Santuni Anak Yatim, Itu Rahasia Amalan Bos PO Haryanto Miliki 300 Bus

Senin, 20 Desember 2021 | 20:45 WIB
header img
Seiring dengan waktu PO Haryanto menjadikan usahanya sebagai ladang ibadah, bahkan H Haryanto menjalankan berpuasa selama 20 tahun. (Foto: Instagram/YouTube Yudi Chandra)

JAKARTA, iNews.id - Sepertinya tak ada yang tidak mengenal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) PO Haryanto bagi Anda yang suka melakukan perjalanan jauh atau pulang kampung ke Jawa. Perusahaan otobus (PO) Haryanto didirikan pada 2002 oleh Haji Haryanto, pria asal Kudus, Jawa Tengah.

Usahanya dibangun setelah purnatugas di Batalyon Artileri Pertahanan Udara Ringan 1/Kostrad TNI Angkatan Darat, Tangerang. 

Sebagai seorang pekerja keras, saat masih dinas usai bertugas, H Haryanto menjadi sopir angkutan kota dari sore hingga subuh. Sampai akhirnya, dia memiliki angkot sendiri. 

Setelah melalui berbagai ujian dalam usaha, H Haryanto akhirnya merambah angkutan bus. Dari lima bus terus berkembang hingga puluhan bus eksekutif, dan sekarang memiliki 300 bus lebih. Sebagai salah satu perusahaan otobus terbesar, PO Haryanto pun kini memiliki 2.000 karyawan. 

Rian Mahendra, putra H Hariyanto sekaligus direktur operasional PO Haryanto menuturkan, usaha sang ayah tidak instan. Banyak lika-liku yang dilalui.

Dia mengatakan sebelum besar seperti sekarang keluarganya sempat jauh dari Tuhan. Ini membuat keluarganya tidak tenteram. 

Namun, seiring dengan waktu Haji Haryanto dan keluarga hijrah menjadikan usahanya sebagai ladang ibadah untuk mendapat keberkahan. H Haryanto bahkan menjalankan puasa selama 20 tahun. 

"Ini dilakukan H Haryanto dari 2001 sampai sekarang setiap hari. Bapak puasa terus. Kecuali hari raya Idul Fitri dan hari raya Islam lainnya," kata Rian, dilansir di Channel YouTube Coach Yudi Chandra.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut