get app
inews
Aa Read Next : Mobil Misterius Tanpa Pemilik Terperosok ke Sawah di Purbalingga, Polisi: Diduga Kecelakaan Tunggal

Punya 500 Miniatur Mobil dan Kendaraan Dinas Presiden Soekarno, Kolektor Ini Habiskan Rp40 Juta

Sabtu, 28 Januari 2023 | 19:09 WIB
header img
Kolektor miniatur mobil ini telah mengoleksi berbagai jenis kendaraan hingga berjumlah 500 mobil. (Foto: Tangkapan Layar)

“Saya melihat kendaraan yang saya naiki ternyata saya punya miniaturnya. Terus saya bisa dapatkan 1 sampai 2,” lanjutnya.

Transportasi ibu kota tempo dulu seperti mobil kopaja, metro mini, oplet dan lain-lain ternyata menjadi inspirasi tersendiri kolektor mobil diecast ini. Bahkan sejak tahun 2009, dia telah mengoleksi kurang lebih 500 diecast dengan mayoritas miniatur mobil jalan ibu kota.

Ratusan koleski diecast tersebut tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari yang sebesar korek api, hingga sebesar kotak bekal makan anak-anak sekolah. 

Untuk harga, koleksi diecast milik Lukman ada yang seharga ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Beberapa koleksi yang termahal yakni miniature mobil canggih dalam film Knight Right yakni sekitar Rp2,5 jutaan. Ada juga koleksi menarik berupa kendaraan dinas Presiden Obama hingga Presiden Soekarno.

Namun, dari sekian banyak koleksi diecast miliknya koleksi transportasi Jakarta seperti metro mini dan kopaja adalah yang menjadi favoritnya.

Menurutnya, jenis koleksi diecast transportasi Jakarta memiliki nilai investasi yang tinggi. Pasalnya, banyak transportasi Jakarta dari masa ke masa yang sudah tidak ada. Dia lantas bisa terus mengenangnya melalui diecast tersebut.

”Kendaraan dinas Presiden Soekarno. Tapi kalau koleksi menjadi favorit tentu metro mini, kopaja, dan transportasi Jakarta. Karena banyak transportasi itu yang sudah tidak ada di Jakarta. Sudah jadi legenda,” ungkapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut