get app
inews
Aa Read Next : 10 Peluang Bisnis di Bidang IT yang Paling Menguntungkan, Cek Daftarnya

Prinsip Bisnis di Indonesian Islamic Business Forum, Kapan Harus Berhenti Berhutang

Rabu, 01 Februari 2023 | 14:18 WIB
header img
Prinsip Bisnis di Indonesian Islamic Business Forum, Kapan Harus Berhenti Berhutang. Foto : Dok IIBF Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) Banyumas Raya menggelar Business Owner Institute (B-Win) Batch #2 di Hotel Wisata Niaga Purwokerto, Rabu (1/2/2023). Dalam kegiatan itu dipaparkan tentang pentingnya bebas hutang dengan prinsip 7 harus, 5 jangan.

Pengusaha di Langgam Group Agus Wahyudi dalam pemaparannya menjelaskan pentingnya prinsip 7 harus, 5 jangan. bagaimana bebas hutang dengan prinsip 7 + 5. Pertama yakni memiliki niat melunasi hutang. Fokus 80 persen pada peluang. Hadapi kenyataan dan CUT OFF. 

“Anda harus tahu, kapan saat berhutang dan kapan saat berhenti. Ketika bisnis tumbuh Debt is your friend (utang adalah teman Anda), ketika krisis Cash is your friend (uang adalah teman Anda). Tentukan limit, dan hadapi kenyataan serta Cut Off,” kata Agus dalam keterangannya. 

Tujuh harus dalam bisnis lainnya, adalah bangun disiplin. Terapkan konsep clar CUT. Semua orang pasti pernah mengalami kesulitan, namun yang membedakan adalah cara menyelesaikannya. Jangan membuat semuanya sakit. Bisnis vs pribadi, baru vs lama, dan yang terpenting adalah, setiap masalah tidak perlu melibatkan anak-anak. 

“Dalam berbisnis harus memiliki kesungguhan. Allah akan menunggu apa yang sungguh-sungguh kita inginkan. Kesungguhan di sini adalah apa yang kita yakini, pikirkan, lakukan, dan ucapkan,” jelasnya. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut