get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Siap-siap, Bakal Ada Dua Badai Matahari, Bumi Siaga

Rabu, 22 Desember 2021 | 08:56 WIB
header img
Badai matahari dikhawatirkan bisa mengganggu sinyal satelit dan mematikan jaringan listrik. 

LONDON, iNews.id – Bakal ada dua badai besar matahar yang dikeluarkan dari korona matahari. Hanya saja, Fisikawan luar angkasa menyatakan belum diketahui skala badai tersebut. Tetapi dikhawatirkan bisa mengganggu sinyal satelit dan mematikan jaringan listrik. 

Dikutip dari situs Express, Selasa (21/12/2021), Dr Tamitha Skov, fisikawan cuaca luar angkasa, memperingatkan potensi semburan matahari yang akan memengaruhi bumi. “Kami dalam siaga tinggi, beberapa gugus bintik matahari saat ini sedang bersiap mengeluarkan flare ke Bumi. Setidaknya ada dua suar besar yang akan terjadi," katanya. 

Dr Skov juga mengatakan bahwa badai matahari tertentu dapat menghasilkan aurora indah yang ditampilkan di atas langit di berbagai belahan dunia, termasuk Inggris. "Sepertinya angin matahari cepat dari lubang koronal kecil bekerja lebih kuat," katanya. 

Tergantung pada tingkat keparahannya, badai matahari dapat memiliki beragam dampak bagi bumi. Menurut Pusat Cuaca Luar Angkasa AS (SWPC), badai matahari diberi peringkat pada skala "G1 Minor" hingga "G5 Extreme". 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut