get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Ini Daerah yang Terancam Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah Mulai Selasa hingga Kamis 

Selasa, 14 Februari 2023 | 06:50 WIB
header img
Ilustrasi mendung. (Foto: Okezone)

SEMARANG, iNewsPurwokerto.id - Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memberikan peringatan cuaca ekstrem mulai Selasa (14/2/2023) hingga Kamis (16/2/2023). 

Cuaca ekstrem ditandai dengan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Bahkan, dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno, cuaca ekstrem terjadi akibat berbagai faktor. Di antaranya adalah fenomena MJO (Maden Jullian Oscillation) yang mulai aktif di wilayah Indonesia.

“Faktor lainnya adalah masih dominannya pola monsun Asia, adanya belokan dan konvergensi di wilayah Jawa Tengah, masih diamatinya Siklon Tropis Freddy di sisi barat daya Indonesia (Samudra Hindia), serta didukung dengan kelembaban udara yang relatif tinggi,”katanya dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, masih terjadinya labilitas lokal yang cukup labil  berpotensi menyebabkan intensifikasi pertumbuhan awan hujan dan potensi cuaca ekstrem yang dapat disertai dengan petir/kilat dan angin kencang di Jawa Tengah. 

Berdasarkan kondisi tersebut daerah yang diperkirakan berpotensi muncul cuaca ekstrem periode 14 - 16 Februari 2023 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

Tanggal 14 Februari 2023
Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Boyolali, Karanganyar, Kab.Semarang, Kab/Kota Magelang, Salatiga, Jepara, Grobogan, Blora, Pemalang, Kab./Kota Pekalongan, Batang, Pati, Brebes, Tegal, dan sekitarnya

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut