get app
inews
Aa Read Next : Konsolidasi, Bolone Mase Bagikan Ratusan Sembako di Pekuncen

Bupati Husein Resmikian 16 Posyandu Jiwa di Pekuncen 

Jum'at, 17 Februari 2023 | 07:14 WIB
header img
Bupati Banyumas Achmad Husein didampingi Ketua TP  PKK Ny Erna Sulistyawati Husein meresmikan 16 Posyandu Jiwa di Pekuncen. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Bupati Banyumas Achmad Husein didampingi Ketua TP  PKK Ny Erna Sulistyawati Husein meresmikan 16 posyandu jiwa di Pekuncen. Peresmian berlangsung di GOR Sawunggaling, Desa Pekuncen pada Kamis (16/2/2023).

Posyandu Jiwa ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Banyumas untuk mejadikan mental dan kesejahteraan sebagai hal positif yang perlu digaungkan dan diperjuangkan.

Bupat Husein menyatakan apresiasinya dengan adanya Posyandu Jiwa sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kesehatan mental masyarakat Banyumas, ia juga berharap akan ada posyandu jiwa lainnya yang segera dibentuk.

"Kedepan semoga dari puskesmas dan Dinkes ada buku yang dapat dijadikan panduan untuk penggerak dan penggiat posyandu,”katanya.

Dia menuturkan dengan adanya buku ini nantinya jika ada gangguan jiwa maka akan dengan mudah mencari sebab dan jalan keluarnya agar tidak terjadi gejala ODGJ berat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Widyana Grehastuti mengungkapkan bahwa penanganan ODGJ (Orang Dengan Ganguan Jiwa) berat dapat ditanggulangi secara optimal dengan peningkatan pengetahuan masyatakat terkait kepedulian dari keluarga.

"Untuk saat ini jumlah ODGJ di Banyumas mencapai 2961 di akhir tahun. Kepedulian kita semua akan mempercepat tingkat kepulihan ODGJ berat  dan nantinya diharapkan mereka bisa mandiri dan produktif serta diterima dengan baik di masyarakat,”ujarnya.

Sebanyak 16 Posyandu Jiwa siap melaksanakan kegiatan si tingkat desa maupun kader, sehingga ODGJ siap mendapatkan pendampingan jiwa dengan agenda yang sudah disusun.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut