Logo Network
Network

Jelang Lebaran, Polres Purbalingga Musnahkan Ribuan Petasan Hasil Sitaan

Masruri
.
Jum'at, 30 April 2021 | 21:58 WIB
Jelang Lebaran, Polres Purbalingga Musnahkan Ribuan Petasan Hasil Sitaan
Jajaran Kepolisian Polres Purbalingga mengamankan ribuan petasan. (Foto : Humas Polres Purbalingga).

PURBALINGGA, iNews.id - Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Polres Purbalingga memusnahkan ribuan petasan berbagai jenis. Pemusnahan petasan dilakukan dengan cara direndam dalam kolam di komplek Mapolres Purbalingga, Jumat (30/4/2021) sore.

"Petasan tersebut merupakan hasil kegiatan rutin yang ditingkatkan dalam rangka cipta kondisi menjelang Operasi Ketupat Candi tahun 2021," kata Kapolres Purbalingga, AKBP Fannky Ani Sugiharto.

Dia mengatakan jika jumlah petasan yang diamankan ada sekitar empat karung, yang berisi lebih dari 3.000 butir petasan dari berbagai jenis, berikut obat dan selongsongnya.

"Petasan tersebut disita dari berbagai lokasi di wilayah Kabupaten Purbalingga dalam beberapa hari terakhir," katanya.

Untuk menghindari efek ledakan, petasan dimusnahkan dengan cara direndam dalam kolam air.

"Selain petasan yang sudah kita sita, razia terhadap petasan akan terus dilakukan, karena petasan bisa menimbulkan efek yang membahayakan," ucapnya.

Kapolres mengimbau, masyarakat agar tidak menyalakan petasan dalam perayaan lebaran. Karena di daerah lain sudah ada kejadian petasan menimbulkan kerugian. Seperti membakar sepeda motor ataupun rumah, bahkan menimbulkan korban jiwa.

"Kepada masyarakat, mari sama-sama menjaga agar tidak timbul akibat negatif dari petasan apalagi sampai menimbulkan korban," pungkasnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini