get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Masih Ada Ancaman Cuaca Ekstrem di Jateng, Ada Banyumas dan Cilacap

Senin, 27 Maret 2023 | 07:32 WIB
header img
Ilustrasi mendung. (Foto: Okezone)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang mengeluarkan peringatan mengenai munculnya cuaca ekstrem yang potensial hingga tiga hari mendatang. Daerah yang terancam di antaranya wilayah Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno, cuaca ekstrem bisa terjadi karena didasarkan hasil analisis dinamika atmosfer. Yakni adanya pola belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Jawa Tengah, hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jateng dan labilitas udara yang cukup labil serta kelembaban udara yang cukup basah.

“Inilah yang berpotensi menyebabkan hujan sedang-lebat dan dapat disertai dengan petir serta kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Jateng,”ujar Sutikno dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan petir dan angin kencang untuk periode 27 Maret - 29 Maret 2023 dapat terjadi di Jateng.

Berikut daftar lengkap daerah yang potensial terjadi cuaca ekstrem:

Tanggal 27 Maret 2023
Temanggung, Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Kab. Semarang, Boyolali, Salatiga, Klaten, Karanganyar, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, dan sekitarnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut