get app
inews
Aa Read Next : Kenaikan UKT yang Menjulang di Unsoed, Ratusan Mahasiswa Geruduk Rektorat dan Sempat Memanas

Tongkol Jagung Gantikan Styrofoam untuk Bungkus, Unsoed Raih Penghargaan Internasional

Selasa, 28 Maret 2023 | 08:04 WIB
header img
Mahasiswa Unsoed meraih Gold Medal dalam event MTE 2023 (Malaysia Technology Expo). (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Para mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali meraih penghargaan internasional. Kali ini, mereka meraih Gold Medal dalam event MTE 2023 (Malaysia Technology Expo). 

Kelompok mahasiswa Unsoed yang memenangkan penghargaan tersebut adalah BESt Team. Anggotanya terdiri dari lintas program studi. Yakni Ketua Tim  Nisrina Khoirunnisa Salsabila dari Agribisnis AJ22. Kemudian anggotanya adalah Gina Rodatul J. (Agribisnis AJ22), Sidik Prasetyo (Agroteknologi 22), Fitri Ayu Puspita S. (Kimia 20), Yasmin Aulia R. (PSL 22). Para mahasiswa tersebut mendapat bimbingan dari Indah Setiawati.

Menurut Nisrina, MTE 2023 dilaksanakan secara Hybrid yaitu virtual melalui platform Ibentos dan Zoom Meeting serta Live di World Trade Centre, Kuala Lumpur pada 16-18 Maret 2023. 

Ada 16 kategori inovasi yang dilombakan. Event ini diikuti oleh total 17 negara dengan lebih dari 500 karya inovasi. BESt Team mengikuti kompetisi secara daring dan mempresentasikan karya inovasi riset mereka BESt Balls. Inovasi tersebut berhasil menduduki peringkat ke-2 pada kategorinya sebagai Awardee Gold Medal. 

Inovasi riset ilmiah yang dibawakan oleh BESt Team dalam ajang kompetisi tersebut berjudul “BESt Balls: Biodegradable, Eco-friendly, Sustainable Balls for The Alternative to Styrofoam” dengan kategori Protection of The Environment, Energy, Water, Wastewater, Sanitation & Green Technology.”

BESt Balls, katanya, merupakan inovasi bahan pengepakan berbentuk bola-bola yang bahan utamanya terbuat dari limbah tongkol jagung. 

BESt Balls diciptakan sebagai inovasi pengganti styrofoam maupun bubble wrap yang ramah lingkungan, karena dapat terdegradasi secara hayati (Biodegradable) ketika dibuang ke alam. 

“BESt Balls digunakan untuk mengisi ruang kosong pada paket/box sehingga barang yang ada didalamnya aman dan terlindung dari benturan diluar paket. Selain memanfaatkan limbah pertanian (tongkol jagung), terdapat bahan tambahan lainnya yaitu limbah cangkang hewan laut (kerang, udang, dsb) agar produk tersebut memiliki nilai fungsional lebih yaitu compostable.,”jelasnya.

Cangkang hewan laut tersebut kaya akan kandungan kitosan dan mineral sehingga dapat bermanfaat sebagai biopesticide. “Setelah tidak digunakan sebagai bahan pengepakan, BESt Balls aman dibuang ke lingkungan karena sifat biodegradable nya bahkan dapat dimanfaatkan sebagai biopesticide & biofertilizer untuk tanaman,”tandasnya.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut