get app
inews
Aa Read Next : KKN Unsoed di Purbalingga Tanam Cabai, Pemkab Apresiasi

Antisipasi Inflasi, Bupati Banyumas: ASN Tanam Cabai

Kamis, 30 Maret 2023 | 08:50 WIB
header img
Ilustrasi cabai (Foto: Ilustrasi/Ist)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Ada terobosan yang dilakukan oleh Pemkab Banyumas dalam rangka meredam inflasi. Di antaranya mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negera (ASN) dan pemerintah desa untuk menanam cabai.

Cabai merupakan salah satu dari lima komoditas penyumbang inflasi di Banyumas selain beras, telur, bawang merah dan minyak goreng.

“Kami mengajak kepada ASN secara keseluruhan di Banyumas untuk menanam cabai. Selain itu juga meminta kepada pemerintah desa dan kelurahan melakukan hal yang sama. Untuk menanam cabai tidak perlu membutuhkan lahan luas,”kata Bupati Banyumas Achmad Husein.

Dengan menanam cabai, maka akan membantu menurunkan inflasi. Sebab, kebutuhan cabai dapat dicukupi secara mandiri.

Sejauh ini, cabai merah di Banyumas memiliki stok hingga 155 ton lebih. Kebutuhan hariannya mencapai 7,11 ton. Sehingga masih ada ketahanan hingga 21 hari.

“Sedangkan untuk cabai rawit, stok mencapai 234 ton lebih, sedangkan kebutuhan 14 ton lebih setiap harinya. Sehingga kecukupamn hingga 16 hari ke depan,”tambahnya.

Secara umum, Bupati memastikan bahwa stok sembako aman hingga Lebaran mendatang. Hanya saja, jika ada lonjakan harga maka bakal dilaksanakan operasi pasar. Selain itu, meminta masyarakat untuk tidak panic buying dengan membeli kebutuhan pokok dalam jumlah besar.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut