get app
inews
Aa Read Next : Alasan Pelaku Bunuh Saudara Ipar di Purbalingga: Emosi saat Istri Dipukul Korban

KKN Unsoed di Purbalingga Tanam Cabai, Pemkab Apresiasi

Kamis, 08 Februari 2024 | 07:32 WIB
header img
Mahasiswa KKN Unsoed telah menyelesaikan baktinya di Purbalingga. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Wakil Bupati Purbalingga Sudono secara resmi mengembalikan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang telah mengabdi selama 35 hari dalam melaksanakan pengabdian masyarakat di Purbalingga. 

Wabup memberikan apresiasi terutama pada program penanaman pohon cabai di pekarangan sebagai bagian dari kegiatan KKN.

"Dalam menghadapi harga cabai yang tinggi, kegiatan penanaman bibit cabai di setiap rumah diharapkan memberikan manfaat," ujar Wabup Sudono dalam acara Penarikan Mahasiswa KKN Unsoed Periode Januari - Februari 2024, Rabu (7/2/2024) di OR Graha Adiguna, Purbalingga.

Wabup berharap bahwa melalui sosialisasi dan upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, setiap rumah dapat berpartisipasi dalam menanam bibit cabai. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan program tersebut secara berkelanjutan, sehingga pekarangan menjadi produktif dan tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga cabai yang dapat mempengaruhi kebutuhan sehari-hari.

Apresiasi juga diberikan atas fasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikasi Halal bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN bekerjasama dengan instansi terkait.

Wabup berharap bahwa melalui pendampingan mahasiswa dalam bidang teknologi komunikasi dan informatika, kompetensi perangkat desa dapat meningkat. Ini sangat penting mengingat tuntutan efisiensi pelayanan dan pelaporan yang semakin bersifat digital di era pemerintahan saat ini.

"Semoga pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah dapat membantu masyarakat dan pemerintah desa," tambahnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut