get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Berdayakan UMKM, Dagangan Resmikan Komunitas Sobat Dagangan dan Revitalisasi Toko Sembako Purwokerto

Jum'at, 14 April 2023 | 20:55 WIB
header img
Berdayakan UMKM, Dagangan Resmikan Komunitas Sobat Dagangan dan Revitalisasi Toko Sembako di Purwokerto. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Sebagai wadah untuk berkoneksi antar para pelaku UMKM khususnya pemilik warung/toko sembako yang menggunakan aplikasi Dagangan. Platform startup rural ecommerce Dagangan meresmikan Komunitas Sobat Dagangan di Hetero Space Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (14/4/2023).

Komunitas ini dibentuk dengan tujuan agar para pengguna aplikasi Dagangan dapat saling membangun dan memotivasi demi pertumbuhan dan perkembangan bisnis anggotanya. Peresmian ini dilaksanakan pada acara Temu Dagangan yang juga diadakan dalam rangka silaturahmi antar Sobat Dagangan menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 1444 Hijriah di halaman Hetero Space Purwokerto.

Dalam kegiatan Temu Dagangan yang berlangsung pada tanggal 14-16 April, Dagangan juga bersinergi dengan Coca-Cola, Unilever, dan Asosiasi Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Banyumas (ASPIKMAS). Dalam kegiatan ini juga dilangsungkan bazar ramadan dengan menghadirkan puluhan UMKM di Banyumas untuk memasarkan produk kuliner, fashion, dan produk lainnya. 

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ini, Dagangan juga melakukan revitalisasi warung sembako pertama yang disebut dengan Toko Sobat Dagangan yaitu Toko Hartono dan Toko Sutarti di Purwokerto. Hal ini sejalan dengan tujuan Dagangan yang tak hanya menyediakan pasokan kebutuhan sehari-hari bagi warung/toko sembako, namun juga melakukan pemberdayaan dengan tujuan untuk mengembangkan UMKM di wilayah Kabupaten Banyumas.

Menurut President & Co-Founder Dagangan, Wilson Yanaprasetya menyampaikan bahwa Dagangan berkomitmen untuk memberdayakan lebih banyak lagi pelaku UMKM di wilayah pedesaan. “Ini merupakan bentuk komitmen kami dengan meresmikan Komunitas Sobat Dagangan dengan harapan kami dapat mendukung para pelaku UMKM untuk naik kelas dan berkembang melalui berbagai kegiatan yang membangun seperti bimbingan dan pelatihan mengelola usaha bagi komunitas” ungkap Wilson saat meresmikan Komunitas Sobat Dagangan.

Bupati Banyumas Achmad Husein yang hadir dalam peresmian tersebut mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Banyumas sangat mengapresiasi inisiatif dan kontribusi dari Dagangan untuk memberikan dukungan bagi UMKM lokal di Banyumas.

"Harapan ke depan agar Dagangan dapat tetap terus memberdayakan masyarakat terutama pelaku UMKM dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang membangun dan memotivasi para pelaku UMKM untuk terus berkembang," kata Husein.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut